Walikota Banjarmasin Tebar Bibit Ikan Patin Sebanyak 10 Ribu Bibit Patin

Reporter: Redaksi Kategori: News
  • Bagikan
walikota-banjarmasin-tebar-bibit-ikan-patin-sebanyak-10-ribu-bibit-patin

Liputan 4.com – Banjarmasin.

Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-27 tahun 2021 diselenggarakan Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan menabur 10 ribu bibit ikan di salah satu anak sungai Martapura.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin M Makhmud di Banjarmasin, Kamis (25/11) tadi, menyatakan, Harkanas diperingati setiap tanggal 21 November, di Banjarmasin melaksanakan restocking bibit ikan jenis patin.

“Kita lepas di daerah Sungai Jelai di Banjarmasin Selatan,” tuturnya.

Restocking adalah menebarkan kembali jenis-jenis ikan yang menurut sejarah mendiami perairan itu, yang karena suatu sebab terjadi penurunan populasi atau tidak ditemukan lagi, salah satunya di perairan di Banjarmasin adalah ikan patin.

“Ini sebagai penggalakkan pelestarian ikan sungai di sini,” tutur M Makhmud.

Dikatakan dia, sungai Jelai yang membelah dua kelurahan, yakni, Kelurahan Mantuil dan Kelurahan Basirih Selatan di Banjarmasin Selatan ini mulai kurang populasi ikannya.

Dengan cara ini, ujar dia, dengan harapan akan berkembang lebih banyak lagi, hingga para nelayan di sungai tersebut dapat manfaatnya.

Harapan tersebut juga diinginkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakilnya H Arifin Noor yang ikut menebar bibit ikan patin di sungai Jelai.

“Pak Walikota Banjarmasin ingin para petani dan nelayan di sana bisa sejahtera,” ujarnya.

Karenanya, kata Makhmud, wali kota sangat mendukung program pelestarian dan pengembangan ikan sungai ini.

“Tahun ini sudah beberapa kali kita laksanakan penaburan bibit ikan di sungai-sungai di daerah kita ini,” ujarnya.

Diantaranya pada Juni lalu sebanyak 10 ribu pula binit ikan kalabau dan patin ditabur di sungai Gampa di Banjarmasin Timur dan sungai Handil Kupang atau Handil Palung Banjarmasin Selatan.

Demikian juga pada Hari Jadi (Harhad) ke-495 pada 24 September 2021, sebanyak satu juta bibit ikan papuyu atau ikan betok dilepas liarkan di sungai Veteran.

“Program ini akan terus dilakukan setiap tahunnya,” kata Makhmud.(Liputan 4.com).Walikota Banjarmasin Tebar Bibit Ikan Patin Sebanyak 10 Ribu Bibit Patin

Berita dengan Judul: Walikota Banjarmasin Tebar Bibit Ikan Patin Sebanyak 10 Ribu Bibit Patin pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Akmal RIswanda

  • Bagikan