News  

Wabu Nisbar Lebih Mementingkan Soguna ba Mboto daripada Soguna ba Zato

wabu-nisbar-lebih-mementingkan-soguna-ba-mboto-daripada-soguna-ba-zato

Wabu Nisbar Lebih Mementingkan Soguna ba Mboto daripada Soguna ba Zato

LIPUTAN4.COM / Nias Barat / – Dr. Era Era Hia M.M., M.Si yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Nias Barat mendampingi Khenoki Waruwu sebagai Bupati Nias Barat, dinilai lebih mengutamakan kepentingan pribadi (Soguna ba Mboto) daripada kepentingan masyarakat banyak (Soguna ba Zato). 02/08/2022


Bagaimana tidak, di saat Bupati Khenoki Waruwu sedang berupaya memujudkan visi, misi dan program yang mereka usung bersama pada saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, melalui Pilkada Serentak pada bulan Desember 2020 yang lalu, kini Era Era Hia menuding Bupati Khenoki Waruwu tidak komit terhadap kesepakatan mereka sebelumnya.

Diketahui bahwa dalam dua hari terakhir ini, media sosial diwarnai dengan pemberitaan salah satu media online terkait pernyataan Era Era Hia terkait tudingannya kepada Bupati Khenoki Waruwu. Bahkan, beredar pula kesepakatan mereka berdua saat mencalonkan diri sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati, yang diduga kuat sengaja disebarkan oleh Era Era Hia dan kelompoknya untuk memuluskan kepentingan pribadi dan kelompoknya (soguna ba mboto) dan mengganggu konsentasi dan pikiran Bupati Khenoki Waruwu yang sedang berupaya keras mewujudkan visi, misi dan programnya demi kepentingan masyarakat banyak (Soguna ba Zato).

Masyarakat menilai bahwa sesungguhnya Era Era Hia tidak memiliki niat yang tulus untuk mengabdikan dirinya sebagai pemimpin di Nias Barat. Diduga kuat, sebelumnya telah dirancang olehnya untuk memanfaatkan jabatannya sebagai Wakil Bupati, memenuhi sahwat kekuasaannya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Terbukti, dengan kesepatakan yang sesungguhnya tidak perlu dilakukan, karena pembagian tugas dan kewenangan Bupati dan Wakil Bupati telah diatur melalui UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Terlepas dari adanya kesepakatan dan komitmen mereka bersama sebagaimana yang diuraikan oleh Era Era Hia melalui pemberitaan pada media online, masyarakat menyaksikan bahwa Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu telah melaksanakan amanat undang-undang memberikan kewenangan kepada Wakilnya tersebut.

Dalam pengambilan kebijakan strategis, Era Era Hia tidak dibatasi bahkan diberikan ruang selebar-lebarnya. Pembahasan Perda dengan DPRD selalu melibatkan dirinya, begitu juga dengan kebijakan terkait kepegawaian, Era Era Hia juga dilibatkan, bahkan beberapa kali melantik para pejabat pada jabatan struktural.

Dalam hal pengkoordinasian, evaluasi kegiatan Perangkat Daerah dan menindaklanjuti laporan temuan hasil pengawasan aparat pengawasan, Bupati Khenoki Waruwu juga memberi kewenangan seluas-luasnya kepada Era Era Hia. Dapat dilihat dan disaksikan melalui postingan Era Era Hia melalui akun facebook miliknya.

Dengan beberapa fakta yang tidak sesuai tudingannya tersebut, masyarakat menduga bahwa Era Era Hia sedang GALAU karena selama ini Bupati Khenoki Waruwu telah memberi kepercayaan kepadanya terkait beberapa hal strategis termasuk hubungan eksternal, tetapi hingga saat ini tak satupun yang menunjukkan hasil.

Selama 1 tahun 4 bulan Era Era Hia menjadi Wakil Bupati, masyarakat hanya menyaksikan kegiatan reuniannya dengan teman-teman kuliahnya melalui akun facebook miliknya. Berbanding terbalik dengan Khenoki Waruwu yang berjibaku mewujudkan visi, misi dan program unggulan demi Soguna ba Zato.

Yun Zeb

Berita dengan Judul: Wabu Nisbar Lebih Mementingkan Soguna ba Mboto daripada Soguna ba Zato pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Juniria Zebua