UTBK 2021 Sebentar Lagi! Harus Mulai Darimana Ya?

utbk-2021-sebentar-lagi!-harus-mulai-darimana-ya?

Hai Campuspedia Friends! Wah, tak terasa ya kurang 67 hari lagi C-friends akan segera menghadapi UTBK 2021. Bagi kamu yang berencana untuk mengikuti UTBK, agar dapat sukses meraih PTN impianmu, kamu harus mengetahui langkah awa; untuk memulai perjuangan nih, C-friends!

Bagi kebanyakan orang, melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi merupakan impian yang perlu diperjuangkan. Salah satu jalur yang dapat ditempuh agar dapat memperjuangkan PTN impian sudah di depan mata nih, C-friends!

Jalur tersebut adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang akrab dikenal dengan jalur UTBK dan dilanjutkan dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Setiap tahunnya, baik UTBK maupun SBMPTN pastinya memiliki peraturan yang berbeda nih, C-friends! Apalagi di situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, perubahan peraturan dan kebijakan yang mendadak terpaksa harus dilakukan untuk menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi.

Oleh karena itu, sebagai pejuang PTN impian, hal seperti ini tidak boleh membuatmu lengah dan akhirnya bermalas-malasan ya, C-friends! Pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mengetahui langkah yang tepat untuk memulai perjuanganmu menghadapi UTBK 2021. Yuk, disimak!

Baca juga: UTBK 2021 Hampir Tiba! Sudah Kuasai Materi UTBK Berikut?

1. Sebelum Memulai Perjuangan, Pastikan Kamu Sudah Mengenali Jurusan dan Kampus Impian yang Akan Kamu Pilih

1. Sebelum Memulai Perjuangan, Pastikan Kamu Sudah Mengenali Jurusan dan Kampus Impian yang Akan Kamu Pilih

Menentukan target PTN dan jurusan yang ingin kamu capai merupakan langkah awal sebelum memulai perjuangan untuk meraih PTN impian nih. C-friends! Hal ini menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu ketahui sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi masuk PTN.

Dengan mengenali jurusan dan kampus yang inign kamu capai, hal ini dapat membantumu untuk mengukur peluang kemungkinan kamu diterima. Biasanya kita dapat mengukur peluang tersebut melalui data tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2020, LTMPT menyatakan bahwa sebanyak 167.653 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui jalur UTBK untuk SBMPTN 2020. Sedangkan angka pendaftar untuk SBMPTN 2020 mencapai 703.875 peserta.

Dari data tersebut, kamu harusnya sudah menyadari bahwa terdapat persaingan yang cukup ketat dalam memperebutkan kursi di PTN. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu segera mulai untuk mencari informasi tentang jurusan dan kampus yang benar-benar kamu inginkan, ya!

BACA JUGA  Meminimalisir Kesalahan, Bupati Pamekasan Minta Perkuat SDM APIP

Dengan begitu, kamu dapat segera menghitung dan mengetahui peluang yang kamu miliki untuk dapat masuk pada jurusan dan kampus yang kamu incar sebelumnya. Jangan sampai salah strategi ya, C-friends! Sebab, kalau sampai salah, kamu bisa-bisa kehilangan peluang untuk meraih jurusan dan kampus yang telah kamu impikan!

2. Kenali Syarat dan Ketentuan yang Berlaku, Usahakan Teliti dan Jangan Sampai Keliru!

Kenali Syarat dan Ketentuan yang Berlaku, Usahakan Teliti dan Jangan Sampai Keliru!

Setelah kamu mengetahui dengan pasti jurusan dan kampus yang akan kamu incar, langkah selanjutnya kamu juga harus memahami persyaratan dari seleksi PTN nih, C-friends!

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, peraturan untuk mengikuti UTBK dan SBMPTN setiap tahunnya selalu mengalami perubahan mengikuti situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Dengan demikian. Pastikan kamu harus selalu update mengenai informasi dan peraturan yang terbaru. Biasanya, informasi resmi yang lebih detail dapat kamu lihat di website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) nih, C-friends!

3. Aturlah Jadwal Belajar dan Review Materi UTBK 2021 Sebaik Mungkin

Aturlah Jadwal Belajar dan Review Materi UTBK 2021 Sebaik Mungkin

Langkah selanjutnya untuk persiapan menghadapi UTBK 2021 dapat dilakukan dengan cara mengatur jadwal belajar dan review materi sebaik mungkin nih, C-friends! Pastikan kamu memetakan jadwal tersebut dengan waktu sampai hari-H UTBK 2021, ya!

Dengan begitu, kamu dapat memiliki gambaran setiap hari seberapa banyak lagi waktu yang tersisa sebelum hari pertempuran tiba. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui materi-materi apa saja yang belum dapat kamu kuasai.

Bagi para pejuang PTN impian, sebaiknya juga harus mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik. Hal ini disebabkan karena kamu dapat memiliki patokan dalam mengalokasikan seluruh materi UTBK 2021 yang perlu kamu review dan kuasai.

Sebenarnya, tujuan utama dari adanya jadwal belajar ini dapat kamu gunakan sebagai pengingat supaya kamu bisa terus konsisten dan disiplin dengan target yang telah kamu buat sebelumnya. Pastinya proses perjuanganmu nantinya akan lebih terstruktur dan terarah, bukan?

Baca juga: Mengenal Test Anxiety, Rasa Cemas Berlebihan saat Akan Menghadapi Suatu Ujian

4. Perbanyaklah Latihan Soal dan Percayalah Pada Pepatah “Practice Makes Perfect”

Perbanyaklah Latihan Soal dan Percayalah Pada Pepatah “Practice Makes Perfect”

Namun, C-friends juga perlu ingat nih kalau belajar materi saja tidak akan cukup untuk menemani perjuangan meraih PTN impian. Selain belajar materi UTBK 2021, alangkah baiknya juga diselingi dengan mengerjakan latihan soal nih, C-friends!

Pastikan juga kamu mengerjakan latihan soal yang beragam baik model maupun jenisnya, ya! Dengan sering berlatih soal yang sering diujikan di UTBK akan membantu otakmu untuk lebih mudah menstimulasi berbagai pertanyaan dan masalah yang sering muncul di UTBK, lho!

Selain itu, hal ini nantinya pasti juga akan menambah rasa percaya dirimu saat mengerjakan soal-soal ujian. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, kamu pasti akan merasa lebih yakin dan tidak ragu-ragu pada jawaban yang nantinya akan kamu pilih nih, C-friends!

5. Jangan Terlalu Ambis, Jagalah Kesehatan Saat akan Menjelang UTBK 2021

Jangan Terlalu Ambis, Jagalah Kesehatan Saat akan Menjelang UTBK 2021

Melakukan persiapan untuk menghadapi UTBK dan SBMPTN 2021 memang merupakan hal yang harus dan baik untuk dilakukan. Namun, kamu juga harus ingat bahwa tubuh kamu juga butuh istirahat nih, C-friends!

Kamu tidak boleh sampai memaksakannya untuk selalu terjaga karena perjuanganmu yang tidak mengenal waktu. Ingatlah bahwa kesehatan fisik dan mentalmu merupakan hal terpenting dan harus kamu prioritaskan.

BACA JUGA  Quarter Life Crisis Pt.1: Yuk, Atasi Insecure dan Keraguan Terhadap Diri Sendiri!

Sebenarnya banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu di kala mempersiapkan diri, lho! Sesekali cobalah untuk berolahraga dan juga jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi ya, C-friends!

Mengingat di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kamu harus memastikan kalau kesehatanmu terjaga agar memiliki imunitas yang baik dan stabil. Oleh karena itu, cobalah mulai sekarang untuk terus menerapkan gaya hidup sehat di mana dan kapanpun, ya!

6. Evaluasi Kesiapan dengan Mengikuti Try Out secara Rutin, Salah Satu Kunci Utama Sukses Menghadapi UTBK 2021

Evaluasi Kesiapan dengan Mengikuti Try Out secara Rutin, Salah Satu Kunci Utama Sukses Menghadapi UTBK 2021

Nah, pada tahap ini nantinya kamu dapat mengetahui tingkat kesiapanmu selama ini dengan cara mengikuti try out. Sebenarnya kamu dapat mengikuti try out di berbagai platform yang menyediakan try out secara online, lho!

Apalagi di era serba digital seperti sekarang, berbagai platform berlomba-lomba untuk mengadakan try out dengan kualitas yang berbeda-beda. Pastikan kamu mengikuti try out di platform yang memiliki kualitas yang tepercaya dan terjamin ya, C-friends!

Salah satunya kamu dapat mengikuti try out di Campuspedia Edu nih, C-friends! Pastinya, di Campuspedia Edu juga menyediakan try out dengan tingkat kemiripan mendekati kondisi UTBK aslinya.

Salah satunya dalam hal durasi pengerjaan nih, C-friends! Namun, perlu diingat juga kalau C-friends sebaiknya mengerjakan try out ini dengan kondisi yang dibuat semirip mungkin pada saat kamu mengerjakan UTBK yang sebenarnya, ya!

Misalnya kamu dapat membuat kondisi ruangan yang akan kamu tempati menjadi nyaman dan jauh dari gangguan yang berpotensi untuk mengganggu konsentrasimu saat mengerjakan nantinya.

Apa Manfaat dari Membuat Simulasi UTBK?

Apa Manfaat dari Membuat Simulasi UTBK?

Dengan cara seperti ini, kamu telah membuat simulasi sederhana pengerjaan UTBK sebelum nantinya kamu akan benar-benar menghadapi UTBK, lho! Selain itu, hal ini sebenarnya secara tidak langsung juga dapat melatih mentalmu agar lebih terbiasa dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang mendesak.

BACA JUGA  Kuliah Di Luar Negeri Dengan Beasiswa StuNed, Raih Gelar S2 Di Belanda!

Nantinya, setelah hasil try out keluar, kamu juga dapat mengevaluasi hasil tersebut dengan melihat di soal mana kamu benar dan salah. Selanjutnya, kamu dapat mengidentifikasi pada bagian materi mana yang menjadi titik kelemahanmu.

Baca juga: 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang jurusan Oseanografi

Dengan demikian, kamu dapat mereview kembali materi tersebut dan kerjakan juga latihan soal yang sangat bervariasi sampai kamu benar-benar dapat menutupi kelemahanmu itu ya, C-friends!

Di try out yang diselenggarakan oleh Campuspedia Edu juga menyediakan pembahasan pada setiap soal-soal yang diberikan, lho! Dengan begitu, kamu dapat lebih memahami materi-materi yang diujikan pada try out ini.

Nah, jadi bagaimana? Sudah siapkah Campuspedia friends untuk berjuang meraih PTN impian melalui jalur UTBK 2021? Jangan lupa untuk follow akun InstagramFacebookLinkedInTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya ya, ­Campuspedia friends!

The post UTBK 2021 Sebentar Lagi! Harus Mulai Darimana Ya? appeared first on Campuspedia News.


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan