News  

Upaya Desa Bangunan Dalam Program Ketahanan Pangan Untuk Pencegahan dan Penanganan Kasus Stunting

upaya-desa-bangunan-dalam-program-ketahanan-pangan-untuk-pencegahan-dan-penanganan-kasus-stunting

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan.

Dalam menangani kasus stunting di Desa Bangunan Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, telah menyiapkan beberapa program pencegahan dan penanganan kasus stunting.


Hal ini, di ungkapkan kepala desa Bangunan Isnaini saat memberikan sambutan di kegiatan sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari team Kecamatan Palas, Kamis, (23/06/2022)

Menurut Isnaini dirinya dan aparatur desa bangunan saat ini telah menganggarkan program ketahanan pangan untuk penanganan kasus stunting, dengan memberikan bantuan ke beberapa kelompok petani dan pokdakan.

“Ada empat klompok tani yang tersebar di 4 dusun berupa sumur bor dan satu kelompok podakan berupa kolam terpal beserta benihnya yang di kelola oleh anggota masing-masing,” tutur Isnaini

Kepala UPBU Madina Sambut Kedatangan Ketua DPRD Madina

Sebagai salah satu program unggulan di sektor ketahanan pangan, pemdes Bangunan mengelontorkan Rp 12 Juta, pada tahun 2022 untuk salah satu pokdakan Berkah jaya. Selain itu pemdes bangunan juga untuk ketahanan pangan akan menganggarkan dari sektor peternakan dengan memberikan bantuan ketiga kelompok peternak sapi.

“Tiga kelompok tersebut di dusun banjar sari, dusun V dan dusun dua bantuan ini saya minta di kembngkan.” kata Isnaini

Sementara itu camat palas Ns. Rosalina M.Kp. saat memberikan sambutanya
mengatakan sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), bertujuan untuk menghidupkan kembali Team STTP tingkat Desa supaya kasus stunting cepat di tangani.

Kepala UPBU Madina Sambut Kedatangan Ketua DPRD Madina

 

Menurutnya, dengan di hidupkan kembali STTP tingkat Desa, di harapkan dapat mengevaluasi dan mevalidasi kembali data masyarakat yang berpotensi terjadinya kasus stunting dapat segera tertangani.

“Dengan melakukan evaluasi dan mevalidasi data kasus yang berpotensi stunting dapat di tekan supaya kasus stunting tidak muncul kembali,” kata camat

Kepala UPBU Madina Sambut Kedatangan Ketua DPRD Madina

Selanjutnya camat beserta team STTP kecamatan meninjau lokasi sumur bor dan kelompok pokdatan, yang mendapatkan bantuan dari pemdes Bangunan.

Pengecekan lokasi untuk memastikan program ketahanan pangan di sektor pertanian dan sektor perikanan di laksanakan dengan benar dan nyata sekaligus menyerahkan bantuan kepada salah satu warga yang masuk dalam data stunting.

Berita dengan Judul: Upaya Desa Bangunan Dalam Program Ketahanan Pangan Untuk Pencegahan dan Penanganan Kasus Stunting pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Sri Widodo