Tepat Di HUT Proklamasi 17 Mei Ke-72, Pembangunan Tugu Munggu Raya Dimulai

tepat-di-hut-proklamasi-17-mei-ke-72,-pembangunan-tugu-munggu-raya-dimulai

PEMBANGUNAN Tugu Munggu Raya yang sarat nilai sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan dalam mempertahankan kemerdekaan dimulai.

USAI dilantik sebagai Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad pun bersama Bupati H Achmad Fikry membuka tirai gambar rencana pembangunan Tugu Munggu Raya di halaman Kantor Bupati HSS, Kandangan, Senin (17/5/2021).

Dalam peringatan HUT Proklamasi 17 Mei 1949 yang ke-72, Syamsuri Arsyad yang juga Wakil Bupati HSS ini menegaskan dengan mempercantik tugu dan kawasan bersejarah itu bisa menjadi tanda agar generasi penerus bisa melek terhadap perjuangan yang dilakukan pendahulu, Hassan Basry dan kawan-kawan.

“Generasi muda harus melek sejarah,” kata Syamsuri Arsyad, usai mengikuti peringatan HUT ke-72 Proklamasi Gubernur ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Ia mengatakan pembangunan Tugu Munggu Raya merupakan realisasi janjinya usai dilantik sebagai Ketua DHC 45 Kabupaten HSS. Menurut dia, di Kabupaten HSS sendiri banyak situs dan sejarah perjuangan yang bisa menggugah semangat. Ambil contoh, Amuk Hantarukung, Tumenggung Antaludin dan kesejarahan dari perjuangan Divisi ALRI yang tak pernah dimiliki daerah lain.

‎”Bahkan, Tugu Munggu Raya ini pernah mendatangkan perwakilan dari internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan membentuk komisi tiga negara, yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia ditunjuk Indonesia, dan Belgia ditunjuk Belanda,” papar mantan Ketua DPRD HSS asal PKS ini.

Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan rehabilitasi Tugu Munggu Raya bisa membuka selubung tempat menandatangani naskah dari delegasi PBB dan negara perwakilan‎, untuk mengakui Proklamasi Tentara Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan pada 17 Mei 1949.

“Tugu Munggu Raya adalah bagian sejarah yang tidak pernah dilupakan oleh masyarakat HSS. Ke depan, diharapkan menjadi tempat wisata sejarah di  daerah,” pungkasnya.(Lida P).

Berita dengan Judul: Tepat Di HUT Proklamasi 17 Mei Ke-72, Pembangunan Tugu Munggu Raya Dimulai pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Irwan Saputra

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0