Tanggap Darurat Bencana Berakhir, Tala Masuk Masa Transisi

tanggap-darurat-bencana-berakhir,-tala-masuk-masa-transisi

Liputan4.com, Tanah Laut-Masa tanggap darurat penanganan bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Tanah Laut (Tala) resmi berakhir.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta pada Rapat Evaluasi Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Gedung Olahraga (GOR), Senin (22/2).

Selanjutnya, Sukamta mengatakan Kabupaten Tala dari masa tanggap darurat bencana akan beralih menuju masa transisi. Masa transisi itu berlaku mulai tanggal 22 Februari sampai dengan 22 April 2021.

Menurutnya keputusan tersebut diambil sesuai dengan laporan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala M Kusri dengan beberapa pertimbangan bahwa situasi dan kondisi masyarakat di Tala sudah bisa memasuki masa transisi.

“Proses tanggap darurat sudah tidak perlu dilanjutkan lagi karena para pengungsi dan logistik sudah aman lalu tingkat resiko bahaya banjir juga sudah aman,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan ditahap transisi ini seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tala yang terkait akan memverifikasi dan memvalidasi data infrastruktur dan rumah yang rusak, ternak yang hilang dan benih yang rusak akibat terendam banjir dan lainnya.

Setelah data selesai diverifikasi dan validasi dimasa transisi, selanjutnya akan masuk kepemulihan pasca bencana dan segera masuk ketahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

“SKPD terkait wajib menyelesaikan dan mengumpulkan data itu terakhir tanggal 31 Maret serta tepat sasaran,” tegas Sukamta.

Dirinya juga mengapresiasi kerja seluruh pihak yang sudah membantu dengan segala daya, upaya serta tenaga yang dimiliki dalam bencana banjir dan tanah longsor yang lalu.

Ia berharap kekompakan, kebersamaan dan kinerja yang luar biasa ini dapat terus berlanjut hingga masa transisi dan pasca bencana, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

BACA JUGA  Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Kipan A Yonif 725/Woroagi Latihan Bersama Polres Bau-bau

@prokopim Tala/NandoL4 blank


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan