Sinergi untuk Negeri, Dispersip Jalin Kaloborasi Bersama Korem 101/Antasari Tingkatkan Literasi

sinergi-untuk-negeri,-dispersip-jalin-kaloborasi-bersama-korem-101/antasari-tingkatkan-literasi

Liputan4.com, Banjarmasin-Guna mempermudah promosi literasi kepada masyarakat di pedesaan dan pesisir Banua, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menjalin sinergitas dengan Korem 101/Antasari

Dalam waktu dekat, tim Perpustakan Keliling (Pusling) Palnam, akan ikut serta dalam Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP atau di sapa Bunda Nunung  mengatakan sinergitas Dispersip dengan TNI ini merupakan yang pertama kali dilakukan.

Hal ini menindaklanjuti Surat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan nomor 041/6853/DISPERSIP, Rabu 23 Desember 2020 terkait sinergitas sekaligus kolaborasi Dispersip dan TNI lingkup Kalimantan Selatan kepada Danrem 101/Antasari.

Bunda bersyukur, surat permohonan kami direspon baik oleh Danrem 101/Antasari beserta jajarannya, yang langsung ditindaklanjuti. Untuk itu pastinya kami sangat berterima kasih dapat terlibat,” ungkap Bunda Nunung melalui siaran persnya, Senin (22/02).

Kalaupun selama ini kami sudah bergerak, namun masih bergerak sendiri-sendiri. Jadi, alangkah baiknya jika di tahun 2021 dan seterusnya kami bersinergi supaya hasilnya lebih maksimal,” kata Bunda Nunung saat menerima kunjungan Danrem 101/Antasari  Brigjen TNI Firmansyah ke kantor Dispersip Kalsel.

Terkait teknis di lapangan, lanjutnya,  Dispersip Kalsel akan melakukan komunikasi intens, mengingat Korem 101/Antasari, melalui Kodim lblankebih mengetahui tentang wilayah pedesaan dan pesisir yang minim literasi.

“Kami tentu saja akan meminta masukan kepada Korem 101/Antasari masing-masing daerah yang perlu kami datangi. Mereka juga lebih tahu dengan wilayah teritorialnya,” ujarnya.

Kemudian, Dispersip Kalsel akan meminjamkan fasilitas seperti buku bacaan secara bergilir melalui Korem 101/Antasari untuk diantarkan ke wilayah pedesaan dan pesisir.

“Kami dari Dispersip Kalsel meminjamkan buku secara bergilir kepada masyarakat di pedesaan baik itu per tiga bulan, enam bulan, atau pertahun. Semakin sering bergulir semakin banyak varian judul buku yang dinikmati masyarakat pedesaan,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemuda 28 Tahun Warga Luwu Timur Akhiri Hidupnya Dengan Cara Gantung Diri di Toraja Utara

Rencananya, kegiatan ini akan digelar di Desa Pariangan, Kecamatan Padang Batung, serta di Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, dari awal Maret hingga April 2021.

Guna melancarkan dan mensukseskan kegiatan tersebut, Bunda Nunung  mengatakan, berencana mengerahkan dua atau tiga armada pusling dan trail perpustakaan kedua lokasi TMMD itu.

“Namun, untuk sementara satu dari tiga armada yang akan dikerahkan ke dua kabupaten tersebut masih melaksanakan tugas rutin keliling,” ujarnya

InsyaAllah kami akan kerahkan 2/3 kekuatan armada pusling dan trail pustaka ke kedua lokasi tersebut. Sementara 1/3 lagi tetap melaksanakan tugas rutin keliling rutan dan lapas, serta panti-panti sosial dan panti asuhan lainnya,” tambah Bunda Nunung.

Selain itu Dispersip Kalsel menurunkan armada Pusling, pihaknya juga akan membawa para pendongeng dan badut, untuk memeriahkan dan mengundang anak-anak di lokasi tersebut, agar dapat mendekatkan buku dan meningkatkan minat baca mereka.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyambut baik sinergitas dengan Dispersip Kalsel dalam meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat di wilayah pedesaan dan pesisir Kabupaten Banjar. Dikatakan Danrem, Dispersip Kalsel membantu dan mencerdaskan masyarakat banua.

Dalam kegiatan tersebut, Dispersip Kalsel tidak hanya berkesempatan mempromosikan literasi, tetapi juga menyumbangkan buku layak baca serta peminjaman buku secara berkala ke desa tersebut.

“Terima kasih kepada Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah beserta jajarannya yang telah memberikan dukungan serta respon positif untuk kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan dan meningkatkan minat baca di desa, perairan dan pesisir,” tutupnya.(NandoL4)


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan