Selain SNMPTN, Jangan Sampai Ketinggalan Daftar Seleksi Jalur Raport Berikut Yuk! 

  • Bagikan
selain-snmptn,-jangan-sampai-ketinggalan-daftar-seleksi-jalur raport berikut-yuk! 

Halo para pejuang PTN! Lolos seleksi jalur raport menjadi jalur yang diimpikan setiap pejuang PTN karena pendaftar jalur ini tidak perlu tes. artinya, hanya dengan nilai raport dan prestasi lainnya, kamu bisa lolos kampus impian. 

Selama ini yang kita tahu mungkin hanya SNMPTN saja. Namun sebenarnya banyak PTN yang menerima mahasiswa melalui jalur prestasi, yakni dengan nilai raport. Yuk coba daftar jalur raport berikut. 

1. SNMPN, Jalur Undangan untuk Masuk Politeknik Negeri 

Jangan salah sebut, yang ini bukan SNMPTN loh ya. SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri bisa disebut sebagai kembaran SNMPTN. Bedanya seleksi jalur raport ini ditujukan untuk masuk politeknik negeri. 

Meskipun sistem di 2021 ini terdapat sejumlah politeknik D4 yang mengikuti SNMPTN, tetapi jalur ini masih tetap ada.  

Mengutip dari laman resminya, Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. 

Pendaftaran SNMPN 

(11 januari – 19 maret 2021) 

Pendaftaran oleh siswa dimulai pada 11 januari hingga 19 maret 2021. Pendaftaran SNMPN gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali oleh penyelenggara SNMPN. 

2. USMI, Seleksi Jalur Raport untuk Masuk Vokasi IPB 

Kamu camaba IPB University? Mau masuk vokasi IPB hanya dengan seleksi jalur raport saja? Coba kenali USMI yuk. 

Proses secara Umum 

  1. SV-IPB mengirim surat ke Kepala Sekolah berisi informasi mengenai tata cara pendaftaran Jalur USMI serta informasi username dan password (bersifat rahasia) 
  2. Kepala Sekolah melakukan login pada usmisv.admisi.ipb.ac.id, menggunakan password dan username yan tercantum pada surat undangan rektor. 
  3. Kepala Sekolah menginputkan kelengkapan data sekolah dan data siswa serta nilai pelajaran siswa yang akan mendaftar jalur USMI 
  4. Kepala Sekolah menerima data akun pendaftaran siswa dan nomor tagihan pembayaran pendaftaran untuk disampaikan kepada setiap siswa 
  5. Siswa dapat melihat nilai rapor dan nomor pendaftaran dan status pembayaran dengan menggunakan akun pendaftaran siswa 
  6. Biaya pendaftaran USMI SV-IPB per siswa sebesar Rp 400.000,- 
  7. Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/ 
  8. Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata 
  9. Proses seleksi oleh SV-IPB 
  10. Pengumuman via web IPB 
  11. Registrasi di SV-IPB 

Timeline Pendaftaran 

Daftarkan dirimu dalam waktu 4 Januari hingga 1 Maret 2021. Jangan sampai ketinggalan, catat tanggalnya ya. 

Baca juga: Ingin Kuliah di IPB University? Catat 6 Jalur Masuk IPB University Berikut!

3. PPKB Vokasi UI 

Jadwal Pelaksanaan PPKB Tahun Ajaran 2021/2022 

KEGIATAN  TANGGAL 
Periode pendaftaran online PPKB  04 Februari 2021 jam 00.00 – 06 Maret 2021 
Periode pembayaran biaya pendaftaran  04 Februari 2021 jam 00.00 – 06 Maret 2021 
Periode upload berkas persyaratan  04 Februari 2021 jam 00.00 – 06 Maret 2021 
Pengumuman hasil seleksi masuk jalur PPKB  26 Maret 2021 jam 13.00 

Jadwal pendaftaran yang tercantum di situs penerimaan UI adalah jadwal yang berlaku. Jika ada perbedaan dengan jadwal yang tercantum pada poster/leaflet maka yang digunakan adalah jadwal yang tercantum pada situs penerimaan UI. 

Baca juga: Camaba Wajib Tahu, Biaya Kuliah di PTN Favorit di Indonesia Tahun 2021

Tahapan Pendaftaran PPKB 

Kepala Sekolah 
  1. Mengisi data sekolah 
  2. Kepala Sekolah mengisi data siswa yang akan diusulkan ikut seleksi PPKB (Siswa IPA yang ingin memilih Program Studi IPS, tetap mengisi formulir IPA) 
  3. Mengisi daftar nilai siswa untuk semester 1 – 5 
  4. Memberikan username dan password kepada siswa yang bersangkutan 
Siswa 
  1. Memilih program studi yang diminati 
  2. Mengisi formulir pendaftaran untuk siswa 
  3. Mengunggah pasfoto terbaru berukuran 400 × 600 pixel 
  4. Meng-upload dokumen kelengkapan pendaftaran (seluruhnya digabung dalam satu file format PDF) 
  • Hasil scan rapor: halaman data diri, halaman kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisasi (semester 1-5) 
  • Hasil scan surat pernyataan yang ditulis tangan berisi penjelasan mengapa memilih program studi di atas 
  • Hasil scan bukti prestasi akademik (jika ada) 
  • 5. Membayar biaya pendaftaran Rp. 850.000 per siswa, menggunakan nomor pendaftaran PPKB 

Proses Seleksi 

Kami hanya akan memproses jika data pendaftaran terisi lengkap dan siswa yang diusulkan telah membayar biaya pendaftaran. Proses seleksi dilakukan berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi. 

Syarat Pendaftaran Ulang 

  1. Lulus SMA 
  2. Lulus Ujian Nasional/A Level/IB Diploma 
  3. Lolos verifikasi rapor 

SPAN PTKIN Seleksi Jalur Raport untuk Kamu yang Mau Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan 

Jalur undangan selanjutnya ada SPAN PTKIN.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi jalur raport yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.  

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. 

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.  

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN. 

Nah itulah seleksi jalur raport selain SNMPTN yang bisa kamu coba. Sejumlah jalur undangan tersebut tidak memerlukan biaya pendaftaran alias gratis lho. Kalau ada kesempatan, kenapa nggak daftar? 

Jangan lupa untuk follow InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

 

The post Selain SNMPTN, Jangan Sampai Ketinggalan Daftar Seleksi Jalur Raport Berikut Yuk!  appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa