Sedang Persiapan Daftar Beasiswa? Berikut Dokumen Beasiswa yang Mesti Kamu Siapkan 

  • Bagikan
sedang-persiapan-daftar-beasiswa?-berikut-dokumen-beasiswa-yang-mesti-kamu-siapkan 

Hallo para pejuang beasiswa! Tentunya kamu sedang menyiapkan untuk mendaftar beasiswa bukan? Nah Minca punya rekomendasi deretan dokumen beasiswa yang mesti kamu siapkan. 

Dokumen berikut merupakan berkas yang pada umumnya diperlukan untuk mendaftar beasiswa. Yuk langsung simak informasi berikut ini. 

Ijazah dan Transkrip Nilai 

Dokumen beasiswa yang satu ini sudah pasti diminta setiap kali kamu mendaftar beasiswa. Ijazah dan transkrip nilai adalah berkas wajib yang mesti dilampirkan ketika akan mengajukan beasiswa. Pastikan kamu sudah menyiapkan berkas ini dan memiliki salinan yang telah dilegalisasi sebagai cadangan untuk mendaftar beasiswa lainnya, 

Selain itu, jika kamu belum mendapat ijazah, beberapa beasiswa membolehkan untuk menggunakan SKL atau Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijazah sementara. Namun kamu harus memperhatikan kembali apakah beasiswa tersebut mengharuskan memakai ijazah atau tidak. 

Esai dan Motivation Letter sebagai Dokumen Beasiswa yang Mesti Kamu Siapkan 

Dokumen beasiswa yang kedua adalah esai dan motivation letter. Kedua berkas ini biasanya ada ketika pendaftaran beasiswa. Berkas tersebut berisi tentang latar belakang, kegiatan, pengalaman, motivasi mendapat beasiswa, dan visi misi kamu dalam beberapa tahun ke depan. 

Dapat dikatakan bahwa kedua dokumen ini memegang peran penting dalam kelulusanmu. Untuk itu, kamu harus menyiapkannya dengan sebaik mungkin. 

Baca juga: Tips Menulis Esai untuk Mendaftar Beasiswa 

Surat Rekomendasi 

Selanjutnya, dalam mendaftar beasiswa terkadang kamu memerlukan surat rekomendasi. Surat rekomendasi adalah suatu pernyataan dari orang lain yang secara akademik mengenal dirimu dengan barik serta memberikan pendapat mengenai kelebihanmu sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi si penyeleksi beasiswa. 

Surat rekomendasi bisa kamu peroleh dari pimpinan, atasan, dosen, rektor, dan sebagainya. Akan tetapi, disesuaikan juga dengan latar belakang kamu dan tujuan beasiswa yang akan kamu lamar. Selain itu, surat rekomendasi ini hanya untuk satu beasiswa saja. Dengan begitu kamu harus menyiapkan salinan jika ingin mendaftar beasiswa sejenis. 

Baa juga: 4 Beasiswa yang Tidak Membutuhkan Surat Rekomendasi, Syaratnya Gampang? 

Tes TEOFL/IELTS 

Selain ijazah dan esai, tes TOEFL.IELTS merupakan dokumen beasiswa yang wajib ketika apply. Setiap pemberi beasiswa biasanya memiliki standar nilai tersendiri. Skor tes ini umumnya diminta ketika mendaftar beasiswa dalam ataupun luar negeri, baik program master maupun doktor. 

Untuk itu, kamu harus menyiapkan tes ini. Perlu diperhatikan bahwa tes TOEFL atau IELTS memiliki masa berlaku. Pastikan ketika mendaftar beasiswa kamu sudah memiliki skor tes yang masih berlaku dengan nilai memenuhi standar yang ditetapkan. 

Curriculum Vitae 

Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang berisi poin penting yang sudah kamu kerjakan. Dokumen beasiswa ini tentu saja menjadi pertimbangan dalam penyeleksian. Pastikan kamu bisa membuat CV kreatif agar tampilan CV dan informasi singkat yang kamu berikan memikat recruiter ya. 

Namun, jika pemberi beasiswa telah menyiapkan template CV sendiri, semestinya kamu isi dengan maksimal. Sebab, dokumen penting ini wajib kamu perhatikan juga. 

Scan Dokumen 

Jika kamu mendaftar beasiswa secara online, tentu saja kamu harus menyiapkan scan dokumen beasiswa. Scan dokumen bertujuan agar dokumen beasiswamu memiliki salinan. Adapun yang perlu diperhatikan adalah format dokumen dan ukuran maksimal dokumen yang kamu unggah. 

Foto 

Dokumen beasiswa yang satu ini sangat umum diminta ketika mendaftar beasiswa. Ada baiknya kamu menyiapkan foto formal dengan ukuran 2×3 atau 3×4. Sesuaikan juga dengan kebutuhan ya C-friends! 

Baca juga: Masih Mencari Beasiswa? Berikut Rekomendasi Beasiswa yang Dibuka Setiap Tahun

Dokumen Beasiswa Lain Sesuai Kebutuhan 

Nah ada lagi dokumen beasiswa yang mesti kamu siapkan sesuai kebutuhan apply beasiswamu. Misalnya seperti salinan paspor. Biasanya ketika mengajukan beasiswa luar negeri, kamu diminta untuk melampirkan paspor. 

Adapun jika untuk beasiswa dalam negeri, kamu akan diminta mengirimkan KTP, KK, atau SIM. Ada juga dokumen lain seperti proposal riset jika kamu mendaftar beasiswa S2 atau S3. Nah kamu bisa mencari informasi terkait berkas ini melalui laman beasiswa yang kamu tuju. 

Nah itulah sejumlah dokumen beasiswa yang mesti kamu siapkan ketika mendaftar beasiswa. Semangat para pejuang scholarship! 

Jangan lupa kunjungi campuspedia melalui instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn. Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! easi

The post Sedang Persiapan Daftar Beasiswa? Berikut Dokumen Beasiswa yang Mesti Kamu Siapkan  appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa