Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview, Jangan Katakan Ini!

pertanyaan-yang-sering-ditanyakan-saat-interview,-jangan-katakan-ini!

Hallo Campuspedia Chingu! Karena banyak dari teman-teman yang berada pada tahap sedang melamar pekerjaan, kali ini minca akan membahas seputar pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview. Nggak hanya itu, hanya itu, minca juga akan memberikan tips menjawab beserta hal yang tidak boleh kalian katakan saat interview. Penasaran kan apa saja tipsnya. Yuk langsung simak aja di bawah ini ya.

Baca juga: Fresh graduate Wajib Tahu! 5 Jenis Interview Kerja Ini

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview

Sebelumnya kalian harus mempersiapkan kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan saat wawancara nanti. Berikut ini merupakan beberapa pertanyaan yang ditanyakan pihak penyeleksi. 

1. Posisi yang Dituju

Pertanyaan wawancara pasti akan berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Pertanyaannya pun bermacam-macam, salah satu yang menjadi pertanyaan yaitu:

“Mengapa Anda memilih posisi ini?”

Ini pasti akan ditanyakan saat wawancara agar pihak penyeleksi mengetahui alasan kamu memilih posisi ini. Untuk menjawabnya kamu bisa menceritakan hal yang kamu sukai dari posisi ini, ceritakan juga mengenai keahlian yang kamu miliki. Pastikan keahlian yang kamu miliki berhubungan dengan posisi yang dilamar ya.

2. Pengalaman 

Pertanyaan yang biasa ditanyakan selanjutnya yaitu seputar pengalaman yang sudah kalian jalani.

“Apakah anda memiliki pengalaman yang berhubungan dengan posisi ini?”

Bagi chingu yang memiliki pengalaman magang atau internship boleh banget nih menceritakan pengalaman kalian selama masa magang. Mulai dari tempat magang, durasi, tanggung jawab, hingga tugas yang dikerjakan. Pengalaman tidak harus seputar magang ya chingu, pengalaman berorganisasi juga termasuk loh.

3. Skill

Terakhir adalah keahlian atau skill yang kalian miliki.

“Apakah anda memiliki keahlian yang berkaitan dengan posisi yang dilamar?”

Saat pertanyaan ini diberikan, kamu dapat menunjukkan keahlian yang paling kamu kuasai. Ceritakan bagaimana kalian memutuskan untuk menekuni keahlian ini. Jika kalian mempelajari sendiri, ceritakan juga sumber belajar kalian dan berapa lama kalian mempelajarinya. Lalu jika memiliki hasil kerja kalian bisa melampirkannya juga.

Baca juga: Banyak Dilakukan Perusahaan, Fresh graduate Wajib Ketahui Jenis-Jenis Tes Kepribadian Ini!

Hal yang Boleh Kamu Tanyakan Selama Interview

Ketika pihak penyeleksi selesai memberikan pertanyaan, biasanya mereka akan bertanya apakah kita sebagai pelamar memiliki pertanyaan seputar perusahaan dan posisi yang dituju. Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan sebagai bentuk ketertarikan kepada perusahaan. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang bisa kalian tanyakan:

1. Jam Kerja

Sebagai calon karyawan kamu berhak untuk menanyakan mengenai jam kerja saat diterima nanti. Namun perlu kalian ingat untuk menanyakannya dengan bahasa yang sopan ya.

Pertanyaan yang baik:

“Mohon maaf bapak/ibu saya ingin bertanya sebelumnya mengenai jam kerja di perusahaan. Apakah nanti akan ada sistem shift? Lalu jika harus lembur apakah ada biaya tambahan untuk lembur kerjanya? Terimakasih sebelumnya”

Pertanyaan yang salah:

“Mau bertanya pak/bu apa nanti saya dibayar lebih jika lembur? Bayarannya berapa? Jam kerjanya lama tidak ya?”

2. Tugas yang Diberikan

Selain itu kamu juga berhak menanyakan tugas dan tanggung jawab yang akan kamu jalani nanti.

Pertanyaan yang baik:

“Izin bertanya bapak/ibu jika saya diterima nanti tugas apa saja yang harus saya lakukan ya? Lalu apakah perusahaan memiliki target tertentu yang harus saya perhatikan? Apakah nanti saya akan diberikan training dulu sebelumnya. Terimakasih bapak/ibu”

Pertanyaan yang salah:

“Mau bertanya pak/bu tugasnya anti apa saja ya? Susah tidak ya? Bakal dilatih dulu tidak ya?”

Hal yang Tidak Boleh Kamu Katakan Selama Interview

  • Bertanya dengan kalimat yang kurang sopan dan formal
  • Mengatakan alasan resign dengan alasan yang kurang baik
  • Membicarakan keburukan atasan dan rekan kerja sebelumnya

Baca juga: Nggak Usah Minder! Yuk Ketahui Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Nah itu tadi merupakan contoh pertanyaan yang sering ditanyakan beserta hal yang tidak boleh kamu katakana saat proses interview. Kalian diperbolehkan untuk bertanya jika dipersilahkan, namun ingatlah untuk menggunakan bahasa yang sopan ya chingu. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview, Jangan Katakan Ini! appeared first on Campuspedia News.

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0