Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk Dalam QS World University Rangkings 2022

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
perguruan-tinggi-di-indonesia-yang-masuk-dalam-qs-world-university-rangkings-2022

Hallo Campuspedia Chingu! Baru-baru ini QS World University Rangkings mengumumkan peringkat universitas tingkat dunia, Indonesia termasuk ke dalamnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Beasiswa Prestasi Talenta Program Kemendikbud Ristek Untuk S1 & S2

QS World University Rangkings

QS World University Rangkings atau yang sering disingkat QS WUR, merupakan sebuah sistem pemberian peringkat kepada perguruan tinggi tingkat dunia oleh Quacquarelli Symonds. Sistem peringkat ini banyak digunakan menjadi acuan untuk universitas di dunia termasuk Indonesia. QS WUR merupakan peringkat internasional yang telah disetujui oleh International Ranking Expert Group (IREG).

Pada 9 Juni 2021, QS WUR mengumumkan hasil peringkat universitas dunia. Dari hasil yang sudah dipublish terdapat universitas dari Indonesia yang masuk kedalam top ranking lho. Untuk Indonesia sendiri terdapat 16 universitas yang masuk kedalam daftar QS WUR. Wah Indonesia hebat sekali ya chingu. Lalu universitas mana saja yang masuk kedalam peringkat QS World University Rangkings? Ini dia informasinya.

Universitas Indonesia yang Masuk Dalam QS World University Rangkings

Perguruan tinggi asal Indonesia mana saja yang masuk ke dalam QS WUR 2022:

Universitas Jenis Peringkat
UGM Negeri 254
UI Negeri 290
ITB Negeri 303
UNAIR Negeri 465
Institut Pertanian Bogor Negeri 511 sampai 520
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Negeri 751 sampai 800
UNPAD Negeri 801 sampai 1000
BINUS Swasta 1001-1200
UNDIP Negeri 1001-1200
Tel-U Swasta 1001-1200
UB Negeri 1001-1200
Unhas Negeri 1001-1200
Universitas Andalas Negeri 1201 ke atas
UMS Swasta 1201 ke atas
Universitas Sebelas Maret Negeri 1201 ke atas
USU Negeri 1201 ke atas

 

Baca juga: DIKTI-LPDP-STUNED Joint Scholarship Program, Beasiswa Kolaborasi LPDP & Nuffic Neso Indonesia

Dalam peringkat di atas UGM menempati peringkat teratas untuk perguruan tinggi Indonesia. Di Indonesia sendiri UGM memang menempati urutan pertama universitas terbaik Indonesia. Penilaian peringkat ini didasari kepada 6 aspek penilaian yaitu:

  • Reputasi Akademik
  • Rasio Mahasiswa Fakultas
  • Reputasi Pengajar
  • Internasional Fakultas
  • Internasional Pelajar
  • Citations per Faculty

Untuk UGM mengalami peningkatan penilaian untuk seluruh aspek yang dinilai dari tahun sebelumnya. Salah satu perbaikan yang dilakukan yaitu menambah jumlah tenaga pengajar dan menjalin mitra dari dalam dan luar negara.

Selain itu terdapat 3 perguruan tinggi swasta dari 16 perguruan tinggi Indonesia yang juga masuk kedalam daftar teratas QS WUR untuk Indonesia. 3 perguruan swasta ini antara lain BINUS, Tel-U, dan UMS.

Baca juga: Ini Dia 7 Beasiswa Unggulan Populer Dari Seluruh Dunia, Yuk Daftar!

Sekian informasi yang dapat minca berikan mengenai peringkat perguruan tinggi Indonesia dalam QS World University Rangkings 2022. Ternyata perguruan tinggi di Indonesia tidak kalah hebat lho chingu dengan perguruan tinggi di luar negeri. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk Dalam QS World University Rangkings 2022 appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan