Pengurus Puspawaja Sintang Beri Dukungan Pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Tunggal Kapolri

Reportase news, Sintang,Kalbar – Ramai dukungan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo yang mana baru-baru ini telah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Calon Kapolri selanjutnya.

Dukungan tersebut datang dari berbagai kalangan luas mulai dari Tokoh masyarakat hingga para pemuka Agama dimana Komjen Listyo Sigit Prabowo sendiri memang diketahui memiliki segudang prestasi yang mana diantara banyak kasus-kasus besar juga yang berhasil diungkapkannya.


Ada pula dukungan datang dari salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Sintang Drs. Sutarno, MM yang merupakan pengurus Pusat Paguyuban Warga Jawa (Puspawaja) Kabupaten Sintang.

“Siapapun yang diajukan oleh Presiden RI untuk menjadi Kapolri, kami akan bersedia membantu Polri untuk membina masyarakat demi mewujudkan keamanan dan ketertiban khususnya di Kabupaten Sintang ini,” ucap Sutarno.

Dirinya juga menyampaikan bahwa membina masyarakat untuk peningkatan kualitas keamanan, tidak hanya menjadi tanggung jawab institusi Polri. Melainkan, juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk Elemen Masyarakat yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Karena itu, membantu institut Polri menjadi satu ikhtiar dalam rangka melindungi masyarakat, mengayomi masyarakat, dengan harapan terwujud kualitas keamanan yang baik, yang berdampak pada pembangunan daerah.

“Berkaitan dengan penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri, Saya selaku pengurus Puspawaja Kabupaten Sintang mendukung penuh keputusan Presiden RI dan kedepannya berharap agar sinergitas masyarakat dan Kepolisian semakin ditingkatkan,” Tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri ke DPR RI.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Rabu (13/1) lalu.

Jika penunjukan Sigit sebagai calon kapolri pilihan Presiden Jokowi disetujui dewan, dia akan menggantikan posisi Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021 nanti.

Rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri akan dilaksanakan di DPR RI mulai Senin (18/1), diawali dengan ujian pembuatan makalah dan dilanjutkan uji kelayakan dan kepatutan esok harinya, Selasa (19/1) di Komisi III DPR.