Pengen Jadi Asisten Dosen? Yuk Simak Caranya Biar Kuliahmu Gak Sia – Sia!

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
pengen-jadi-asisten-dosen?-yuk-simak-caranya-biar-kuliahmu-gak-sia-–-sia!

Hallo Campuspedia Friends! Pasti ada beberapa dari kalian yang pengen jadi asisten dosen, kan? Jadi seorang asisten dosen alias asdos emang keren banget dan tentunya bikin kuliahmu gak sia – sia.

Asdos atau asisten dosen adalah orang yang membantu dosen untuk mengajar ke mahasiswa. Jadi ketika dosen mengajar, maka si asdos ini yang akan membantu para mahasiswa.

Proses dan kriteria spesifik menjadi asisten dosen juga berbeda – beda di tiap institusi. Ada yang ditunjuk langsung dari dosennya, dan ada juga yang melalui proses pendaftaran. Untuk kualifikasinya, ada yang bisa mengikuti dari semester awal, ada juga yang minimal harus semester 3.

Nah, buat kalian yang mau jadi asisten dosen, yuk simak cara – caranya biar kamu bisa jadi asisten dosen!

Baca Juga: Mau Jadi Asisten Dosen? Cari Tahu Dulu Seluk Beluknya!

relasiBangun Relasi Dengan Dosen

Hal pertama yang pastinya harus kamu lakukan adalah bangun relasi dengan dosen. Bersikap sopan dan ramah kepada dosen dapat membuat kamu semakin dikenal dan mendapat perhatian dosen.

Karena bagaimanapun juga, dosen hanyalah seorang manusia. Jadi, kamu harus mengusahakan yang terbaik untuk bisa membangun hubungan yang baik dan santun dengannya.

Baca Juga: Manfaat Membangun Relasi dengan Dosen, Kamu Wajib Tahu!

nilai lebih untuk jadi asisten dosenKantongi Nilai Lebih

Salah satu poin utama kalau kamu pengen jadi asisten dosen adalah nilai yang baik. Nilai lebih ini bukan hanya berarti nilai secara akademik, namun bisa juga non – akademik.

Dosen akan melihat apakah kamu pintar dalam melakukan pembelajaran atau mungkin pintar dalam hal teori. Jadi lebih baik, kalau kamu memang ingin jadi asisten dosen persiapkanlah semuanya dari sekarang ya!

percaya diri untuk jadi asisten dosenPercaya Diri

Menjadi seorang asisten dosen tentunya harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena, kamu akan berhadapan langsung dengan dosen sekaligus mahasiswa yang lainnya.

Kalau kamu belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka cobalah dibangun mulai dari sekarang. Hal – hal sederhana seperti melakukan presentasi, aktif bertanya dalam presentasi, dan melakukan diskusi dengan teman dapat menjadi bahan latihan untuk kamu membangun rasa percaya diri.

Baca Juga: Manfaat Percaya Diri untuk Perkembangan Karier yang Sukses!

fokus ke satu hal sajaJangan Takabur!

Pastinya bangga banget kalau kamu bisa dipercaya menjadi asisten dosen di banyak mata kuliah. Namun, lebih baik kamu memantapkan pilihanmu pada satu mata kuliah saja yang memang benar – benar ingin kamu kuasai, atau pada dosen yang memang ingin kamu gandrungi.

Kalau kamu memilih untuk menjadi asisten dosen di banyak mata kuliah, maka kamu akan kurang fokus untuk menyerap semua materi. Takutnya, kamu tidak bisa menjaga nilai dan performa akademik kamu sebagai mahasiswa, tapi malah fokus menjadi asisten dosen saja.

bersinar untuk dilirik dosenBersinar Sampai Dilirik

Cara yang satu ini sekaligus yang terakhir merupakan cara yang terkesan jitu untuk bisa menjadi asisten dosen.

Misalnya menjadi ketua kelas atau ketua angkatan dan juga memberikan pertanyaan kritis saat kelas. Kamu juga bisa menghasilkan karya dari mata kuliah yang kamu minati untuk menjadi asisten dosen disana. Karya ini bisa berupa mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah, ataupun memenangkan penghargaan yang berhubungan dengan mata kuliah yang bersangkutan.

Selain itu, buat kamu yang suka membuat konten, kamu bisa menjadi seorang content creator yang berfokus di bidang pendidikan. Seperti contohnya mengajarkan materi kuliah kamu kepada orang lain di kanal Youtube. Lama – kelamaan, kamu bakalan dilirik sama dosen!

Jadi gimana Campuspedia Friends? Tertarik buat mengikuti cara – cara tersebut gak biar jadi asisten dosen?

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

The post Pengen Jadi Asisten Dosen? Yuk Simak Caranya Biar Kuliahmu Gak Sia – Sia! appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan