Mahasiswa Tingkat Akhir? Inilah Tips Bikin Judul Skripsi Supaya Langsung Disetujui Oleh Dosen

  • Bagikan
mahasiswa-tingkat-akhir?-inilah-tips-bikin-judul-skripsi-supaya-langsung-disetujui-oleh-dosen

Halo sahabat Campuspedia! Topik kali ini khusus untuk kamu mahasiswa akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripski. Ada yang masih pusing mau masuk ke bidang apa, pusing mikirin revisian, bahkan mungkin masih ada yang bingung nentuin judul skripsi? Kalau gitu tenang, disini Campuspedia akan rangkum tips supaya kamu bisa bikin judul skripsi yang langsung disetujui oleh dosen!

Baca juga: Ini Dia Cara Membuat CV Kreatif yang Bikin HRD Tertarik

Jangan terlalu stress mikirin skripsi yang tidak kunjung selesai, nikmati saja prosesnya sambil terus maju dari langkah kamu sebelumnya. Pastikan untuk berprogress meskipun sedikit saja, setidaknya ada yang kamu kerjakan dalam sehari.

Dilansir dari laman quora, Arie Wahyu yang merupakan lulusan S3 Computer Science dari Tokyo Institute of Technology, tahun 2020. Sebagai seorang dosen, beliau mengungkapkan beberapa tips yang bisa digunakan oleh mahasiswa 

          1. Pilih Topik Yang Relevan Dengan Kondisi Saat Ini

bikin judul skripsi

Ilmu dan topik yang kamu gunakan untuk judul skripsi kamu pastinya bukanlah satu-satunya topik yang pernah diangkat. Di tahun-tahun sebelumnya pasti sudah banyak yang menggunakan topik atau judul serupa, hanya saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Oleh sebab itu, bukan sebuah masalah besar apabila kamu menggunakan topik atau bidang yang sudah ada. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa membuat konten skripsi kamu berbeda dari skripsi-skrispsi yang sudah ada.

Bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini, misalnya menyesuaikan dengan pandemi COVID-19 dan sebagainya. Pemilihan judul dan topik bisa jadi sangat luas apabila kamu bsia mencoba untuk membuka setiap peluang kesempatan yang ada.

          2. Buat Tabel Perbandingan Untuk Studi Literatur

Buatlah tabel perbandingan mengenai studi literatur atau penelitian-penelitian yang sudah ada yang serupa dengan topik yang akan kamu pakai. Fungsi dari tabel ini adalah untuk mengelompokkan atau mengkategorikan literatur yang sudah ada. Sehingga kamu bisa membandingkan kelebihan dan keunggulan dari setiap penelitian.

Kolom-kolomnya bisa kamu isi menyesuaikan dengan hal-hal yang kamu butuhkan. Dari tabel-tabel tersebut kamu bisa mengambil literatur yang sesuai dan membuat skripsi yang akan kamu kerjakan memiliki keunikannya sendiri.

Baca juga: 5 Metode Belajar Ala Drama Korea ‘God of Study’, Bisa Dicoba Sendiri!

          3. Susun Latar Belakang Yang Sesuai

bikin judul skripsi

Tips yang ketiga supaya kamu bisa bikin judul skripsi yang langsung disetujui dosen adalah membuat latar belakang yang sesuai. Kebanyakan mahasiswa saat ini hanya menulis ulang latar belakang dari peneliti-peneliti sebelumnya, misalnya milik kakak tingkat atau temannya.

Kamu harus menyampaikan dengan jelas bagaimana penting dan urgensinya dari topik skripsi yang kamu ambil. Jangan lupa untuk tetap disertai data dan fakta yang kuat.

          4. Gunakan Metode Piramida Terbalik

piramida terbalik

Sumber Gambar: Quora

Tips yang keempat adalah dengan menggunakan metode piramida terbalik. Penerapan dari metode piramida terbalik ini maksudnya adalah dengan memulai dari isu yang terbesar dan penting. Kemudian dilanjutkan mengerucut ke arah isu-isu yang kepentingannya tidak seurgensi yang lain.

Misalnya bisa dimulai dengan penentuan topik dan judul, kemudian dilanjutkan menulis latar belakang, mencari literatur, dan lain-lain. Pastikan untuk memulai dengan melakukan hal terpenting terlebih dahulu.

          5. Pilih Dosen Pembimbing Yang Tepat

bikin judul skripsi

Tips supaya judul skripsi kamu langsung disetujui dosen yang paling penting nih, cari dan pilihlah dosen pembimbing yang tepat. Dalam arti beliau memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam dan khusus di bidang yang sama dengan topik skripsi kamu.

Atau kamu juga bisaa memilih dosen pembimbing yang memang sudah akrab dan dekat, sehingga kamu bisa berdiskusi dan bertanya dengan lebih nyaman. Jangan sampai kamu memilih dosen yang tidak sesuai dengan bidang yang kamu ambil, ya!

Baca juga: Wajib Dikuasai! Miliki 5 Softskill Ini Untuk Dapat Bersaing Di Dunia Kuliah dan Kerja Tahun 2021

Itu dia yang Campuspedia rangkum dan bagikan ke kamu mengenai tips agar judul skripsi langsung disetujui oleh dosen. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

 

The post Mahasiswa Tingkat Akhir? Inilah Tips Bikin Judul Skripsi Supaya Langsung Disetujui Oleh Dosen appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa