LSM Forpeban dan IPPI Kalsel Minta Kejati Telisik Aktivitas Bengkel Kapal PT Virgo, Ini Sebabnya

  • Bagikan

Liputan4.com, Banjarmasin-Puluhan warga yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Rakyat Peduli Bangsa dan Negara (LSM Forpeban) dan IPPI Kalsel mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel.

Kedatangan massa yang dikomando H Din Jaya dan Rolly itu meminta Kejati Kalsel untuk melakukan pemeriksaan atau menelisik beberapa proyek dan perusahaan yang diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Diantaranya dugaan pelanggaran lingkungan terkait dengan aktivitas usaha Docking/Bengkel Kapal dan Tongkang milik PT VIRGO yang terletak di Jalan RK lir (tepi sungai Martapura) Kelurahan Kelayan Selatan yang menutup hampir 50% lebih luasan Sungai Martapura, untuk tambat/parkir Kapai/Tugboat di area Docking tersebut, yang diduga mengakibatkan penyempitan luasan sungai, pendangkalan/pencemaran sungai, serta menganggu keamanan, ketertiban, keselamatan, kelancaran alur sungai Martapura.

Dugaan korupsi pada pelaksanaan proyek preservasi Jalan H. Hasan Basry Banjarmasin diduga bermasalah terkait dengan dugaan adanya pekerjaan yang tidak sesuai spek, dan dugaan keterlambatan penyelesaian pekerjaan serta dugaan manipulasi progres pekerjaan, yang mana proyek dikerjakan oleh PT Kanca Mulia Jaya dengan kontrak senilai Rp 8,4 Milyar.

Menurut Din Jaya, berdasarkan penelusuran, diduga pekerjaan berkuaitas
rendah atau tidak sesuai spek, pada pekerjaan keramik untuk trotoar jalan terdapat beberapa keramik yang retak (pecah-pecah) padahal pekerjaan belum diserahterimakan, diduga akibat dari pekerjaan asal,asalan tidak memenuhi ketentuen teknik pekerjaan.

Begitu juga pada pekerjaan cor coran diduga mutu beton tidak memenuhi
standart sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Para pengunjukrasa juga menanyakan terkait laporan yang pernah mereka sampaikan salah satunya dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum DPRD Kabupaten Balangan yang hingga saat ini belum ada kejelasan.

Kedatangan pengunjuk rasa disambut Kasi Penkum Kejati Kalsel Makhpujat bersama Kasi C Intelijen Hendri yang akan menindak lanjuti laporan tersebut (NandoL4)

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa