Limbah PMKS PT. SIPP, Gakkum Sumatera : Pusat Bertindak Jika DLH Bengkalis Tidak Menindak

  • Bagikan
limbah-pmks-pt.-sipp,-gakkum-sumatera-:-pusat-bertindak-jika-dlh-bengkalis-tidak-menindak

Liputan4.com,Bengkalis-RIAU – Kolam limbah Perusahaan Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik perusahaan Sawit Inti Prima Perkasa (PT. SIPP) yang berada di wilayah Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau, kembali jebol untuk yang kedua kalinya, 02 Februari 2021 lalu.

Sebelumnya, kolam limbah milik PMKS PT SIPP tersebut pernah jebol pada tanggal 03 Oktober 2020 lalu.

Akibatnya, lagi-lagi median lingkungan dan air sungai yang berada di seputaran pabrik tersebut pun kembali tercemari oleh ribuan liter air limbah pabrik untuk yang kedua kalinya.

Terkait hal tersebut, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, melalui Kepala Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan dan Kehutanan (Gakkum) Wilayah Sumatera, Eduward Hutapea, ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa terkait persoalan tersebut yang berwenang untuk penanganannya adalah pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, (23/2/21).

“Mungkin bisa langsung di cek dengan pihak DLH Kabupaten Bengkalis terkait instansi yang berwenang”, sebut Eduward.

Kepala Balai Gakkum wilayah Sumatera tersebut juga menjelaskan bahwa jika tidak ada penanganan oleh pihak DLH Kabupaten Bengkalis terkait persoalan limbah PMKS PT. SIPP itu, penindakan dapat dilakukan bersama-sama, dan dapat diambil alih oleh Pemerintah Pusat.

“Kami juga masih menunggu konkrit penanganan pihak DLH Kabupaten Bengkalis atas kejadian tersebut. Dan kalau indikasi tidak dilakukan penindakan, dapat dilakukan bersama-sama kemudian penindakannya. Bahkan dapat diambil alih oleh Pemerintah Pusat”, tegasnya kemudian.
-efn-

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa