KRIMINOLOGI – Jurusan Langkah Yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
kriminologi-–-jurusan-langkah-yang-memiliki-prospek-kerja-menjanjikan

Hallo Sobat Campuspedia! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu dalam kondisi baik ya. Apalagi pada kondisi saat ini, saat dunia tidak sedang baik-baik saja *hiyahiya. By the way, kali ini minca mau ngasih pencerahan nih. Buat kamu yang masih bingung milih jurusan kuliah. Mau jurusan dengan prospek kerja bagus tapi pesaing gak terlalu tinggi? Campuspedia punya jawabannya. Yuk simak salah satu jurusan langkah berikut ini!

1. Kriminologi Jurusan Detektif?

Banyak orang mengira bahwa jurusan ini akan melahirkan para detektif. So, hal tersebut perlu untuk diluruskan. Jurusan kriminologi adalah jurusan yang menganalisis kejahatan sebagai fenomena penyimpangan sosial yang ada di masyarakat. Jadi di kriminologi mahasiswa akan dilatih untuk menganalisis suatu kasus kejahatan. Analisis ini nantinya diperlukan sebagai dasar kajian proses hukum.

Baca juga : 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang jurusan Oseanografi

2. Apa Aja sih Yang Dipelajari di Jurusan Kriminologi?

Jurusan kriminologi mempelajari mengenai tentang berbagai jenis kejahatan dalam berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang kejahatan sebagai fenomena yang ada di masyarakat, dari pelaku, maupun dari korban. Kriminologi akan menganalisa mengapa suatu kejahatan bisa berlangsung, bagaimana latar belakang pelaku, mengapa orang bisa menjadi korban, dan reaksi masyarakat terhadap kejahatan. Kriminologi juga belajar ilmu-ilmu lain seperti hukum, psikologi, dan jurnalistik.

3. Kamu Punya Cita-Cita Memberantas Kejahatan? Jurusan Ini Cocok Buat Kamu

Kondisi Negara yang semakin hari kasus kejahatan semakin tinggi masih kekurangan ahli-ahli kriminologi. Hal ini membuka peluang untuk kamu. Terlebih jika kamu memiliki jiwa sosial tinggi ingin turut serta memberantas kejahatan. Jurusan kriminologi bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Selain belajar teori, di jurusan ini juga belajar secara praktik. Kamu akan diajak untuk mengunjungi kepolisian, kejaksaan, pengadilan, bahkan lapas. Hal ini bertujuan agar mahasiswa kriminologi semakin memahami proses hukum suatu kasus kejahatan. Menarik bukan jurusan kriminologi?

Baca juga : Yuk Siapkan Dirimu! Ini Dia 4 Cara Sukses Menghadapi UTBK 2021

4. Jurusan Dengan Prospek Menjanjikan

Jurusan kriminologi sangat relatable dengan kondisi sekarang. Banyak kejahatan yang perlu dianalisis sehingga hukum benar-benar ditegakkan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di beberapa sektor, sebagai berikut

  • Institusi Negara seperti BNN, BNPT, KPK, Komnas HAM, Komnas Perempuan, Lapas, bidang Kepolisian, bea cukai, dan lain-lain.
  • Lembaga Swadaya Masyarakat seperti LBH, WWF Indonesia, Walhi, Green Peace, ECPAT, dan lain sebagainya
  • Lembaga mandiri/swasta seperti ICW, LPSK, maskapai penerbangan
  • Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang manajemen risiko
  • Jurnalistik, menjadi wartawan/jurnalis di media cetak/online

Baca juga : 5 Jurusan yang Paling Banyak Diincar Perusahaan di Tahun 2021 

So, gimana teman-teman menarik banget kan jurusan kriminologi? Bisa banget jadi pertimbangan kamu memilih jurusan. Semangat meraih kampus impian buat teman-teman yang sedang berjuang!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post KRIMINOLOGI – Jurusan Langkah Yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan