Kecerdasan Buatan Ciptakan Playlist Lagu ‘Baru’ Para Musisi Meninggal di Usia 27

  • Bagikan
kecerdasan-buatan-ciptakan-playlist-lagu-‘baru’-para-musisi-meninggal-di-usia-27

Sebuah organisasi bernama Over The Bridge menciptakan lagu-lagu baru, yang mengombinasikan sample para musisi yang mati muda. Proses sampling dan mixing-nya sepenuhnya berdasarkan algoritma kecerdasan buatan. Musisi yang masuk dalam pembuatan playlist ini seringkali dijuluki ‘27 Club’, karena mereka meninggal sebelum usia genap 27 tahun.

Beberapa nama musisi tenar dari 27 club yang masuk dalam playlist Over The Bridge ini di antaranya Amy Winehouse, Kurt Cobain, Jimi Hendrix, hingga Jim Morrison (vokalis the Doors). Hasilnya, kita bisa mendengar empat track yang seakan-akan rekaman lama dari para musisi tersebut yang belum pernah dirilis sebelumnya. Padahal, AI hanya mengombinasikan track-track lama mereka dari sisi hook, rhythm, lirik, dan gaya vokal, kemudian mencampurkannya seakan-akan lagu baru.

Playlist itu yang dijuluki Lost Tapes of the 27 Club, merupakan inisiatif untuk mempromosikan pentingnya isu kesehatan mental. Mayoritas musisi yang mati muda dalam daftar ini mengalami kecanduan narkoba, alkohol, serta bunuh diri. Semua pemicunya adalah depresi serta isu kesehatan mental lainnya. Berdasar salah satu survei terbaru, 68 persen musisi di berbagai negara yang diwawancarai mengaku mengidap depresi.

“Sejak industri musik semakin populer, para musisi dan pekerja industri ini sebetulnya menghadapi berbagai problem kesehatan mental yang akut. Intensitas problem kesehatan mental pekerja musik jauh melebihi angka rerata populasi dewasa,” demikian keterangan di situs Over The Bridge. “Kami berharap, isu kesehatan mental di kalangan musisi ini tidak diromantisir, tapi harus menjadi perhatian bersama.”

“Ingat, kecerdasan buatan bisa menyusun playlist ini, tapi tak akan pernah bisa menggantikan musisi aslinya,” tandas Over The Bridge.

Playlist ciptaan AI ini sudah bisa kalian dengarkan di Spotify.

Follow i-D di Instagram dan TikTok 

  • Bagikan