Kawal SIKOMANDAN Disbunnak Prov Kalsel Perkuat Inseminator

Reporter: Redaksi Kategori: News
  • Bagikan
kawal-sikomandan-disbunnak-prov-kalsel-perkuat-inseminator

Liputan 4.com – Pelaihari.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan bersama UPT. Balai Inseminasi Buatan menghadiri pertemuan rutin Inseminator Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten (DPKH) Tanah Laut sekaligus menggelar koordinasi guna memperkuat peran para Inseminator, Rabu (24/11) tadi.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Kepala DPKH Kabupaten Tanah Laut Ir. Suharyo ini yang diikuti oleh sekitar 60 orang peserta yang terdiri dari inseminator dan petugas dinas lainnya.

Agenda yang dibahas diantaranya SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri), wilayah binaan, target dalam hal pelayanan dan reproduksi ternak. Pada kesempatan ini juga disampaikan Program Prioritas SISKA KU INTIP bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan melalui swasembada Sapi dan diharapkan dapat diterapkan dengan baik di Kab. Tanah Laut.

Tim Disbunnak Prov kalsel juga melakukan kunjungan ke lokasi untuk bertemu dengan peternak sebagai bagian dari tekad untuk memajukan peternakan, sehingga program SIKOMANDAN dapat dijadikan momentum yang tepat untuk terus mendorong pembangunan ekonomi di KalSel melalui subsektor peternakan.

Berdasarkan data sementara populasi Sapi di Kabupaten Tanah Laut tercatat sebanyak 69.714 ekor dengan target sapi betina yang berpotensi dijadikan akseptor sebesar 15.149 ekor atau 21,73 % dari populasi.

Capaian program SIKOMANDAN sampai dengan bulan November akseptor sebanyak 17.520 ekor (115,65%), ternak yang bunting sebanyak 21.160 ekor (181,94%) dengan angka kelahiran ternak sebanyak 17.630 ekor (115,65%). Capaian ini patut diapresiasi sesuai dari arahan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, drh Hj Suparmi MS.

Kegiatan SIKOMANDAN yang berasal dari pusat, tentunya memiliki target yang telah disesuaikan dengan potensi yang ada dan secara proporsional, maka para petugas yang ada di lapangan untuk bisa terus berupaya mengejar target sesuai dengan potensi populasi ternak dan secara profesional.(Liputan 4.com/Disbunnak kalsel).

Berita dengan Judul: Kawal SIKOMANDAN Disbunnak Prov Kalsel Perkuat Inseminator pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Akmal RIswanda

  • Bagikan