Kamu Pengen Kerja di E-Commerce Indonesia? Yuk, Simak Tips Kerja di Shopee!

  • Bagikan
kamu-pengen-kerja-di-e-commerce-indonesia?-yuk,-simak-tips-kerja-di-shopee!

Halo Sobat Campuspedia! Zaman sekarang masyarakat lebih memilih berbelanja melalui e-commerce dibandingkan dengan toko konvensional karena e-commerce memberikan banyak kemudahan bagi para pembelinya. Oleh karena itu, tidak diragukan bila perusahaan rintisan (startup) e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dari tahun ke tahun, salah satunya adalah shopee. Apakah kamu tertarik kerja di Shopee?

Apa Itu E-Commerce?

tips jualan online di instagram laris - kerja di e-commerce shopee

Dalam artian bahasa inggris, electronic commerce, e-commerce memiliki arti perdagangan elektronik. E-commerce memiliki konsep yang mirip sebagaimana perdagangan yang dilakukan secara langsung atau face to face. Cara kerja e-commerce meliputi proses promosi, pembelian, dan pemasaran produk. 

Di tengah perkembangan arus teknologi dan informasi digital yang semakin canggih, seluruh proses perdagangan pada e-commerce mulai dari proses pemesanan produk, pertukaran data, hingga transfer dana dilakukan secara elektronik. 

Baca Juga: Tips Jualan di Instagram Supaya Laris Manis!

Asiknya Bekerja di E-Commerce. Bikin Kamu Betah dan Memperlancar Peluang Karier!

Sebagai sebuah startup, bekerja di e-commerce terasa nyaman dan menyenangkan apalagi untuk para anak muda zaman sekarang. Dengan bekerja di e-commerce, kamu akan merasakan atmosfer sistem kerja yang berbeda dari biasanya. Berikut beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa kamu rasakan bila bekerja di e-commerce.

  1. Mendapatkan kebebasan untuk berkreativitas.
  2. Kecanggihan teknologi dan keterampilan media sosial yang bikin takjub!
  3. Mendapatkan kesempatan yang tidak terbatas untuk perkembangan jenjang karir.
  4. Menjadi batu loncatan atau pengalaman yang baik untuk profesi dan industri yang lain.
  5. Mengembangkan relasi secara profesional dan sosial.

Tips Kerja di E-Commerce Seperti Shopee

Dengan beragam promosi menarik mulai dari gratis ongkir, flash sale, cashback, hingga undian. Shopee berhasil menjadi salah satu e-commerce dengan tingkat transaksi paling tinggi di Indonesia lho! Kamu pasti mau dong menjadi bagian dari kesuksesan e-commerce tersebut? Yuk, cari tahu tips aja saja yang bisa bikin kamu berhasil kerja di shopee!

  • Susun CV Sebaik Mungkin

Cara Membuat CV - kerja di e-commerce shopee
Sumber foto: thebalancecareers.com

CV atau curriculum vitae merupakan salah satu penentu awal yang vital untuk proses pencarian kerja. Oleh karena itu, kamu perlu menyusun CV kamu dengan baik dan cermat. Paparkan informasi tentang data diri kamu secara jelas dan teratur, pertimbangkan juga aspek visual dari CV kamu. Pilihlah paduan warna yang tidak mencolok mata dan desain atau template yang mudah dibaca. Saat mengirimkan CV, jangan sampai lupa menyertakan body email dalam surelmu, ya!

Baca Juga: Contoh CV Menarik untuk Fresh Graduate

  • Pastikan Kualifikasimu Sudah Sesuai dengan Posisi yang Ingin Dilamar

Tips melamar kerja yang pertama dan perlu diperhatikan saat melamar kerja adalah memperhatikan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Kamu harus memastikan bahwa syarat dan kualifikasi tersebut sesuai dengan kondisimu saat ini.

Sangat disayangkan kalau kamu mengirim lamaran ke banyak perusahaan tetapi ternyata tidak sesuai kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Setelah memahami kualifikasi dan memastikan kualifikasi tersebut sesuai dengan kondisimu, langkah selanjutnya adalah pastikan untuk melengkapi berkas yang mendukung kualifikasi tersebut.

  • Jujur dalam Menjadi Diri Sendiri Selama Melamar Kerja

Setelah lolos tahap administrasi biasanya kamu akan memasuki tahap wawancara, fgd, atau sejenisnya. Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan olehmu adalah berlaku jujur dan menjadi diri sendiri. Berlaku jujur yang dimaksudkan adalah tidak berbohong, terlebih ketika kamu ditanyakan mengenai kelemahan. Jadilah dirimu apa adanya dan tunjukkan dirimu semaksimal mungkin sesuai dengan yang memang kamu miliki.  

  • Pelajari Sejarah, Nilai, dan Budaya Perusahaan 

Mempelajari sejarah perusahaan perlu kamu pelajari sebelum melamar kerja untuk memastikan bahwa kamu benar-benar mengenal perusahan tersebut dan yakin akan melamar kerja di sana. Perhatikan juga budaya dan nilai organisasi atau perusahaan tersebut, apakah sudah sesuai dengan dirimu atau tidak.

Banyak dari pelamar merasa kurang berpotensi ketika ketika ditolak kerja di suatu perusahaan, padahal alasan kamu ditolak tidak selalu karena pintar atau kurang berpengalaman lho. Bisa jadi karena memang karakter, visi, dan misimu tidak sesuai dengan budaya dan nilai dalam perusahaan tersebut.

  • Percaya Diri

Masing-masing orang pasti memiliki karakter tersendiri. Ketika memasuki tahap wawancara, fgd, atau sejenisnya, pastikanlah bahwa kamu menunjukkan sisi positif dari dirimu. Jawablah setiap pertanyaan dan berikan pendapat dengan percaya diri agar dapat meyakinkan interviewer bahwa kamu mampu bekerja dengan baik dan kamu adalah kandidat yang layak untuk dipertimbangkan. 

Persiapkan Dirimu untuk Kerja di E-Commerce dari Sekarang!

Untuk kamu yang tertarik berkarier di e-commerce, seperti shopee, tokopedia, dan lainnya, kamu bisa lho ikutan online career class edisi “A Formula How to Work At An E-Commerce” pada 26 Februari 2021 pukul 19.15 WIB bersama Shaflian Islami, Senior UI Designer at Flip.

kerja di e-commerce shopee

Kelas ini cocok nih untuk kamu! Di kelas ini, kamu akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bekerja di e-commerce, mulai dari pengetahuan mengenai jenjang karier hingga pembekalan skills yang perlu kamu kuasai. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!

What will you learn:

  • Introduction: Pengertian dari E-Commerce
  • Alasan mengapa kita harus kerja di E-Commerce Indonesia
  • Peluang karir di E-Commerce untuk masa depan
  • Skills yang dibutuhkan seseorang untuk bekerja di E-Commerce
  • Pengembangan karir di dunia E-Commerce Indonesia
  • Tips and tricks before applying in E-commerce Company
  • Skill yang wajib ditulis untuk CV di E-Commerce
  • Sharing session pengalaman

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Donasi
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!

The post Kamu Pengen Kerja di E-Commerce Indonesia? Yuk, Simak Tips Kerja di Shopee! appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa