Kamu Fresh graduate? Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Melamar Kerja

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
kamu-fresh-graduate?-hindari-kebiasaan-buruk-ini-saat-melamar-kerja

Hallo Campuspedia Chingu! Siapa nih di sini yang baru saja menjadi fresh graduate? Menjadi seorang fresh graduate merupakan suatu langkah memasuki kehidupan baru. Bagi seorang fresh graduate melamar pekerjaan adalah hal yang penting, namun ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menghambatmu dalam melamar pekerjaan.

“Apa saja kebiasaan buruk itu?”

Di sini minca akan memberikan informasi seputar kebiasaan buruk fresh graduate yang harus kalian hindari. Yuk langsung simak aja di bawah ini ya.

Terlalu Malas!

Hal pertama yang harus kalian hindari yaitu malas! Sifat ini banyak dimiliki oleh para fresh graduate. Karena sudah terlalu lelah mengerjakan tugas akhir, terkadang mereka ingin beristirahat dalam waktu yang lama. Beristirahat tidak dilarang, namun jangan terlalu lama karena akan membuang waktu kalian. 

Kamu bisa mencoba melakukan aktifitas diluar kebiasaan, atau melatih keahlian lain yang kalian miliki. Ini akan berguna nanti saat melamar pekerjaan. Lalu cobalah untuk berlatih wawancara saat waktu senggang, meskipun belum melamar pekerjaan tidak ada salahnya untuk berlatih dari sekarang agar lebih terbiasa menghadapi lawan bicara.

Baca juga: Fresh graduate Wajib Tahu! 5 Jenis Interview Kerja Ini

Jarang Update CV/Resume

Perhatikan CV yang akan kalian kirim, jangan malas untuk mempercantik CV kalian. CV yang menarik tentunya akan lebih dilihat oleh pihak penyeleksi, selain itu juga menunjukan bahwa kalian serius melamar pekerjaan. Satu hal yang tidak boleh kalian lupakan, buatlah CV sesuai dengan tempat kalian melamar. 

Hindari ketidak telitian, sebagai seorang lulusan baru kalian harus lebih teliti dibandingkan saat menjadi mahasiswa. Koreksi kembali apakah di dalam resume kalian terdapat typo dan sebagainya. 

Tidak Memperhatikan Timeline

Hal yang paling penting saat akan melamar sebuah pekerjaan adalah waktu pendaftaran. Perusahaan akan membuat timeline bagi pelamar untuk mengirimkan surat lamaran, ada juga perusahaan yang membagi seleksi menjadi beberapa tahap. Untuk itu memperhatikan timeline termasuk hal yang penting. Jangan sampai kalian melewatkan tanggal pendaftaran dan gagal melamar pekerjaan ya. Kalian juga bisa membuat daftar perusahaan yang ingin dituju lalu mencatat tanggal pendaftaran, buatlah reminder di ponsel agar tidak lupa jadwal pendaftaran.

Baca juga: Banyak Dilakukan Perusahaan, Fresh graduate Wajib Ketahui Jenis-Jenis Tes Kepribadian Ini!

Hanya Menunggu Hasil

Ada baiknya jika kita melamar lebih dari satu tempat kerja untuk memperbesar peluang diterima. Jika kamu sudah melamar di satu tempat, jangan hanya diam menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Carilah informasi pekerjaan lain, atau jika terdapat pekerjaan yang membutuhkan keahlian tertentu cobalah mengikuti pelatihan keahlian.

Menyerah Terlalu Cepat

Poin terakhir masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika perusahaan tempatmu melamar tidak melanjutkan lamaran kalian, jangan menyerah! Mungkin itu memang bukan jalan atau rezeki kalian. Cobalah melamar ke banyak tempat lagi. Jika menyerah terlalu cepat mungkin kamu akan melewatkan kesempatan yang lebih besar nantinya. Keep trying & Don’t give up too fast!

Baca juga: Nggak Usah Minder! Yuk Ketahui Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Nah itu tadi merupakan beberapa kebiasaan buruk fresh graduate saat melamar pekerjaan yang wajib kalian hindari ya. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Kamu Fresh graduate? Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Melamar Kerja appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan