Jangan Takut! Ini Cara Menjaga “Mental Health” Bagi Para Pelajar

jangan-takut!-ini-cara-menjaga-“mental-health”-bagi-para-pelajar

Hallo Campuspedia Chingu! Kesehatan mental kerap menjadi isu yang banyak dibahas terutama oleh masyarakat. Kesehatan mental sangat penting bagi semua orang, khususnya para pelajar. Banyak orang hanya memedulikan kesehatan fisik dibanding kesehatan mental. Nyatanya kesehatan mental jauh lebih penting karena menyangkut mental seseorang.

Pentingnya Kesehatan Mental

Kondisi mental ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal chingu seperti keadaan ekonomi, lingkungan, dan biologis. Kesehatan mental juga berhubungan dengan cara orang berinteraksi, melakukan pekerjaan, hingga berekspresi.

Banyak contoh masalah kesehatan mental yang dialami para pelajar. Contoh ketika para pelajar SMA menantikan pengumuman UTBK dan kelulusan. Atau bagi mahasiswa yang menantikan hari sidang tugas akhir. Semua itu dapat memicu terganggunya kesehatan mental karena banyaknya hal yang dipikirkan serta kecemasan yang dialami pelajar. Maka dari itu sangat penting dalam menjaga kesehatan mental

Baca juga: Berisiko Gangguan Mental, Ini Cara Jaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Saat Pandemi

Penyebab Kesehatan Mental

Karena pentingnya menjaga kesehatan mental, kita harus mengetahui penyebab dari terjadinya gangguan kesehatan mental agar bisa mencegahnya. Terjadinya gangguan pada kesehatan mental dapat dipengaruhi banyak faktor seperti :

  • Adanya peristiwa traumatik (kekerasan, pelecehan, bullying)
  • Tidak dapat bergaul dengan orang lain
  • Kondisi ekonomi
  • Faktor lingkungan (dikucilkan, diremehkan)
  • Penyakit

Itu adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental bagi para pelajar. Faktor yang paling berpengaruh pada kesehatan mental yaitu kondisi lingkungan dan adanya peristiwa yang traumatik.

Baca juga: Berikut Daftar Rempah yang Diyakini Bisa Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak! Sudahkah Kamu Mengonsumsinya?

Ciri-Ciri Mengalami Masalah Kesehatan Mental

  • Terjadinya perubahan sikap
  • Mulai menyendiri
  • Sering terlihat cemas
  • Mengalami perubahan mood
  • Putus asa

Jika orang terdekat kita atau kita sendiri mengalami hal ini, kalian bisa mencoba cara penanganan kesehatan mental ya. 

Penanganan Kesehatan Mental

Bertemu Dengan Orang Terdekat

Bertemu dengan orang terdekat adalah salah satu cara menangani masalah kesehatan mental. Kalian bisa menceritakan kesulitan yang kalian hadapi selama ini, agar beban yang ada di hati kalian bisa pelan-pelan berkurang. Hal ini juga membuat kalian dapat membuka diri dengan orang lain dan kembali ke diri kalian yang sebelumnya.

Jika orang terdekat kalian mengalami hal ini jangan pernah menjauhinya ya chingu. Karena mereka sangat butuh pertolongan kita walaupun hanya untuk bertukar cerita. Pertolongan kecil dan sederhana seperti ini dapat membantu teman kita.

Memperhatikan Kesehatan Diri

Memiliki masalah kesehatan mental bukanlah hal yang mudah, pasti akan menguras emosi dan membuat tubuh kita kekurangan nutrisi karena terus memikirkan hal lain. Maka jika ini terjadi kalian harus mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, dan berolahraga. Serta tinggalkan kebiasaan buruk kalian. Jangan lupa untuk tidur dengan waktu yang cukup, kesehatan diri sendiri dapat berpengaruh pada kesehatan mental jadi usahakan selalu menjaga kesehatan tubuh.

Lakukan Banyak Kegiatan

Hal ini dapat menjadi pengalihan stres yang kalian alami, dengan melakukan banyak hal juga memberikan dampak yang positif kepada diri kita. Kita menjadi lebih sering bergaul dengan banyak orang, mendapat teman baru, dan lainnya.

Baca juga: Masih Belajar Online? Ini Dia 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Ala Campuspedia!

Nah itu tadi merupakan informasi seputar kesehatan mental yang dialami para pelajar. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Jangan Takut! Ini Cara Menjaga “Mental Health” Bagi Para Pelajar appeared first on Campuspedia News.

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0