Jalin Sinergitas Dispersip Kalsel Sambangi Lapas IIB Tanjung

jalin-sinergitas-dispersip-kalsel-sambangi-lapas-iib-tanjung

blank

Liputan4.com, Tabalong-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak menyalurkan bantuan bagi warga korban banjir di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

blankSelain membantu korban bencana banjir, Tim Perpustakaan keliling (pusling) sambangi beberapa wilayah yaitu Hulusungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong.

Di Kabupaten Tabalong, kali ini perpustakaan keliling berkesempatan menyambangi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tanjung dengan menggunakan mini bus perpustakaan

“Mini bus perpustakaan tersebut membawa beberapa genre buku,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP atau disapa Bunda Nunung Minggu  (7/2) kepada Liputan4.com via Whatsapp.

Menurut dia buku-buku tersebut biasanya sangat disukai oleh warga binaan lapas. Karena itulah disediakan agar dapat dipinjamkan yang nantinya akan dibantu oleh petugas Lapas untuk melayaninya.

Buku yang kami pinjamkan kepada warga binaan yang ada di Lapas  Kelas II B Tanjung, nantinya buku-buku ini akan dipinjamkan secara bergilir dengan dibantu oleh petugas lapas,” tambahnya.

Dirinya pun dalam kesempatan ini bersyukur, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga binaan lapas. Bahkan salah satu warga binaan berpesan agar kami kembali ke sini lagi dengan membawakan buku-buku bacaan lainnya.

“Semoga roadshow semacam ini dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan keterampilan para warga binaan lapas,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Tanjung Chumaedi menyambut baik kunjungan Kadispersip dengan mobil puslingnya. Diakuinya minat baca warga binaan cukup tinggi, hadirnya pusling juga mendukung program lapas untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka dan juga menambah koleksi buku kami, ujarnya

Chumaedi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas apresiasi Perpuspalnam, pada hari ini bersinergi dengan kami, membantu kami memberikan bantuan buku dengan sistem peminjaman secara bergilir” ujarnya.

BACA JUGA  Dandim 1412/Kolaka Pimpin Sertijab Danramil 1412-07/Watubangga

“Semenjak pandemi Covid-19 meningkat, kunjungan di lapas ditiadakan untuk sementara waktu. Untuk mengisi kegiatan harian, warga binaan diikutkan dalam pelatihan keterampilan yang juga merupakan kerja sama dengan instansi lain. Kami di sini juga melaksanakan kegiatan keterampilan dan pembinaan rohani,” tukasnya

Buku-buku itu bermanfaat buat kami walaupun hanya mempunyai pojok baca namun manfaatnya sangat besar sekali karena kami melayani masyarakat umum, dan masyarakat khususnya yakni beberapa keluarganya yang datang dalam proses layanan publik kami, pojok baca itu bermanfaat bagi mereka mengisi waktu sambil menunggu dengan membaca di tempat baca yang telah kami sediakan.

“Selain itu juga buat para petugas Lapas sendiri menambah wawasan dengan buku bacaan , buku itu cakrawala dunia, dengan buku itu pola pikir, wawasan pasti akan berubah dan bertambah lebih baik” bebernya.

“Ia bersyukur dan berharap kegiatan bantuan buku ini secara rolling dari perpustakaaan daerah ini harus terus – menerus karna pasti bukunya akan berganti – ganti kan, dan tidak menutup kemungkinan teman – teman juga membaca, meminjam dan bisa menambah wawasan kami”, tambahnya.

Di konfirmasi Bunda Nunung merasa bersyukur atas kerjasama dengan Lapas, jadi program dari kami Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan ikut mencerdaskan pendidikan bangsa kita melalui program Layanan Terpadu Perpustakaan Lapas.

Buku yang kami pinjamkan, nantinya akan kami rolling lagi, kami ganti dengan buku-buku yang baru agar buku yang ada selalu update sehingga sirkulasi buku berjalan sesuai regulasi.

Selain itu Tim Dispersip Kalsel menyalurkan buku di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) Danau Panggang Hulu Sungai Utara, dilanjutkan  menyalurkan pinjaman buku di MAN 2 dan MTSN 1 Balangan.

BACA JUGA  Kapolsek Medan Area Beserta jajaran nya laksanakan binluh sosialisasi prokes dan Sabtu Gowes

Kemudian rombongan berkesempatan silaturahmi mengunjungi kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) Tabalong.

Ditempat lokasi yang sama “Bunda Nunung mengungkapkan bahwa layanan Perpustakaan harus selalu berimprovisasi bergerak out off the book sesuai keperluan instansi maupun masyarakat karena mendekatkan buku kepada masyarakat adalah amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan”, Pungkasnya

Penulis/Editor : NandoL4


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan