Inspeksi Pasar Kalindo, Disdag Kalsel Pastikan Ketersedian Bapok Aman

inspeksi-pasar-kalindo,-disdag-kalsel-pastikan-ketersedian-bapok-aman
Inspeksi Pasar Kalindo, Disdag Kalsel Pastikan Ketersedian Bapok Aman
Disdag kota Banjarmasin sedang inspeksi bahan pokok di pasar kalindo (poto istimewa)

Liputan4.com, Banjarmasin-Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan monitoring ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Kalindo Banjarmasin, Senin (3/5/2021)

Bersama Plt. Kadis Perindag Kota Banjarmasin inspeksi di Pasar Kalindo Banjarmasin. Pasokan bahan pokok lancar, Ketersediaan aman, harga stabil, bahkan ada beberapa yang dibawah harga acuan yg ditetapkan pemerintah, harga semua jenis cabe turun signifikan. Juga dilakukan pengawasan barang pangan beredar, hasilnya ada ditemukan produk yg sudah kadaluarsa, pedagang nya pun diminta untuk tidak menjualnya lagi.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani mengatakan untuk ketersediaan bahan pokok diyakini aman, pasokan dan distribusi lancar.
“Kami pastikan ketersediaan bahan pakok aman di pasar Kalindo bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, kunjungan masyarakat pun cukup ramai. Harga bahan pokok di pasar ini stabil, relatif tidak beda dengan pasar lainnya di Banjarmasin, yang mengalami gejolak hanya bawang merah dan gula pasir yg masih di atas HET.

Selain itu, hal menarik di pasar Kalindo ini adalah kedisiplinan pedagang dan pembeli yang memakai masker, kesadarannya cukup tinggi, bahkan nampak di depan pintu masuk lokasi pun tertulis bahwa pedagang dan pengunjung wajib pakai masker serta mematuhi ketentuan protokol kesehatan guna pencegahan Covid 19.

“Pengelola pasar tersebut dibantu Tim Gugus Tugas Covid 19 aktif melakukan pengawasan dan imbauan kepada pedagang, bahkan tidak segan-segan memberi sanksi bagi yang tidak disiplin dari teguran hingga perintah tutup toko,” bebernya.

Oleh karena itu, hal tersebut memang mesti dilakukan secara tegas agar menjadi pembelajaran bagi pedagang lainnya. Ini juga bisa memotivasi pedang untuk saling mengingatkan kepada pedagang lainnya maupun terhadap pengunjung yang bertransaksi.

“Saya berharap seluruh pasar milik pemerintah maupun swasta dapat menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan cara gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” urainya.

Pesan Birhasani, jadilah konsumen cerdas, yang faham akan hak dan kewajibannya, teliti sebelum membeli, berbelanja sesuai kebutuhan dan gunakan produk dalam negeri. jadilah konsumen yang cerdas dengan; 1. Teliti sebelum membeli, 2. Berlaku hemat dan beli sesuai kebutuhan, 3. Berani melapor kepada  yang berwenang, jika merasa dirugikan, 4. Cintai dan gunakan produk daerah/Indonesia, 5. Mengerti hak dan kewajiban sebagai konsumen.

Dan pesan terakhir beliau, “jadilah pelaku usaha yang jujur & bertanggungjawab atas kenyamanan, keselamatan, kesehatan dan keamanan konsumen,” pungkasnya.

Berita dengan Judul: Inspeksi Pasar Kalindo, Disdag Kalsel Pastikan Ketersedian Bapok Aman pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Maya

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0