Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Berdasarkan Kepribadian MBTI, Sesuai Gak Nih?

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
inilah-jurusan-kuliah-yang-cocok-berdasarkan-kepribadian-mbti,-sesuai-gak-nih?

Jurusan kuliah kepribadian MBTI – Hallo Campuspedia Friends! Udah mau menjelang lulus tapi masih bingung menentukan jurusan kuliah? Alasannya yang paling sering adalah karena belum mengenal diri sendiri lah, belum tahu passionnya, atau gak tahu mau menentukan masa depan seperti apa.

Nah, Salah satu cara untuk mengenal diri sendiri biasanya kita melakukan tes psikolgi. Banyak media online yang menyediakan web untuk mengetes kepribadian seperti apa dirimu. Tes kepribadian yang paling sering dilakukan adalah tes MBTI.

Tapi MBTI itu apa?

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah tes kepribadian yang menganut konsep 4 dimensi dan dari keseluruhan kombinasi dimensi itu menghasilkan 16 tipe kepribadian. 4 dimensinya yaitu:

  1. Dimensi dalam mengumpulkan energi: Introvert(I) vs (E) Extrovert
  2. Dimensi dalam memahami informasi: Sensing (S) vs (N) Intuition
  3. Dimensi dalam mengambil keputusan: Thinking (T) vs (F) Feeling
  4. Dimensi dalam preferensi pola hidup: Judging (J) vs (P) Perceiving

MBTI itu sering banget dipakai orang-orang, baik buat keperluan perusahaan atau diri sendiri karena dianggap paling detail mengenai kepribadian seseorang. Makanya Minca mau kasih rekomendasi jurusan kuliah yang cocok berdasarkan kepribadian MBTI kamu.

Baca juga : Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kamu Berdasarkan Tipe Kecerdasan Manusia

1. INTJ

intj

INTJ itu orangnya bisa cepat memahami pola atas suatu peristiwa yang sedang terjadi, dia lalu bakal menyusun perspektif dalam jangka panjang. INTJ juga sosok yang pemikir. Karena itu INTJ bisa jadi sosok yang kreatif, imajinatif, dan sangat strategis untuk semua tujuannya.

Bisa dibilang INTJ itu tipe yang sangat independen dibanding tipe lainnya. INTJ senang banget nih sama gagasan-gagasan baru dan terjun dalam penelitian ilmiah. Maka dari itu, INTJ sangat cocok kalau masuk jurusan teknik, MIPA, dan bisnis.

2. INTP

intp

INTP juga merupakan sosok pemikir layaknya INTJ. Hal yang membedakannya adalah pemikirannya yang fleksibel terhadap segala sesuatu, sehingga dia bisa menemukan pola-pola keterkaitan antar satu kejadian dengan kejadian lain. Makanya jangan heran kalau INTP merupakan orang yang selalu punya ide di kepalanya.

Selain itu, INTP adalah tipe orang yang selalu ingin tahu dan ingin selalu menambah wawasan terutama di bidang yang disukainya. Cocok banget kalau masuk jurusan teknik komputer, akuntansi, arsitektur, ekonomi, MIPA, ilmu budaya dan bahasa, dan hukum. 

3. ENTJ

entj

ENTJ sering dikenal sebagai sosok pemimpin. Tipe ini biasanya merupakan sosok yang berterus terang, penuh ambisi, dan bertekad kuat. Walaupun bersifat keras kepala, gak sabaran, dan gak toleran, ENTJ itu sangat diandalkan kalau jadi pemimpin. Makanya dia bisa punya relasi dimana-mana.

Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ENTJ adalah manajemen, hukum, ilmu komunikasi, dan ilmu politik.

4. ENTP

entp

Sama seperti INTP, ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu karena punya segudang ide. Tapi sosok ENTP ini jauh lebih blak-blakan dan suka berdebat terhadap sesuatu. Walaupun begitu ENTP merupakan seseorang yang gerak-geriknya selalu sigap dengan cepat, berbakat, dan telaten lho. Bisa nih kalau ENTP masuk jurusan hukum, hubungan internasional, programmer, atau bahkan peneliti dan ilmuwan.

5. INFJ

infj

INFJ merupakan sosok pendiam yang lembut dan sangat berpegang teguh pada hal-hal yang ia yakini. Dia punya kemauan keras dalam menciptakan keseimbangan hidupnya, makanya sering kali INFJ ini terlalu perfeksionis dan idealis terhadap pandangan hidupnya.

Tipe INFJ aktif banget kalau sebagai orang di balik layar, karena kekuatan komunikasi tipe INFJ ada pada komunikasi antar personal. Cocok banget kalau masuk jurusan kuliah televisi dan film, DKV, seni rupa, dan ilmu komunikasi.

6. INFP

infp

INFP sering kali dianggap sebagai orang yang pendiam dan gak ramah sama orang lain. Padahal mereka Mereka sangat peka dan memiliki kekuatan emosi yang besar terhadap orang lain. Tipe INFP senang mencari celah kebaikan di setiap kesempatan atau bahkan di setiap hal-hal buruk. Ini karena mereka memiliki semangat yang membara di dada dan sikap peduli akan orang lain. Mereka juga orang yang berdedikasi dan imajinatif lho.

Makanya cocok banget nih masuk jurusan psikologi, kesehatan, hubungan masyarakat, karena kepeduliannya kepada orang lain. Atau masuk jurusan sastra, desain karena daya imajinatif mereka.

7. ENFJ

enfj

ENFJ itu tipe yang suka berada di tengah-tengah orang banyak. Ini karena mereka punya energi yang sangat besar, aktif, dan pintar berdiplomasi. Mereka selalu ingin membantu orang lain dalam mencapai yang terbaik, apalagi kalau dia sudah melihat potensi besar dari orang tersebut. ENFJ juga merupakan pendengar yang baik lho, dia senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain.

Jadi jurusan yang cocok dengannya yaitu periklanan, hubungan masyarakat, manajemen komunikasi, hubungan internasional, ilmu politik, psikologi.

8. ENFP

enfp

Kalau kamu tipe ENFP, kamu bisa dibilang seseorang memiliki mental juara dan kreatif. Dirinya yang disebut sebagai pemilik jiwa yang bebas terkadang menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan perasaan pribadi dibanding logika. Tipe ENFP ini suka banget membangun hubungan emosional dan sosial dengan orang lain. Makanya mereka yang punya tipe ini cukup populer dan sangat friendly terhadap orang di sekitarnya.

Dengan kepribadiannya yang easy going bisa nih masuk jurusan jurnalistik, pariwisata, pendidikan, dan bisnis. Kepribadian ENFP bisa berguna banget di jurusan tersebut.

Baca juga : Mengenal 16 Tipe Kepribadian MBTI Lebih Dalam (part 1)

9. ISTJ

istj

Kamu seenggaknya pasti menemukan tipe MBTI ini deh di sekitarmu. Hal ini karena ISTJ merupakan tipe MBTI yang paling banyak popularitasnya, yaitu 13%. Mereka juga merupakan seseorang yang senang mengambil tanggung jawab dan bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Pokonya mereka gak kenal lelah kalau lagi banyak kerjaan. Tapi terkadang mereka cenderung menyimpan pendapatnya sendiri dan juga menjadi sosok yang keras kepala.

Sosok yang “gila kerja” ini cocok banget masuk jurusan yang kira-kira banyak tekanannya kaya jurusan kedokteran, arsitektur, teknik. 

10. ISFJ

isfj

Bisa dibilang tipe kepribadian ISFJ ini adalah sosok yang pendiam. Tapi ISFJ ini punya empati yang tinggi lho, mereka juga bsa menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik. Kepribadian ISFJ adalah pembela. Mereka terkadang bisa menjadi super waspada dan juga teliti, tapi juga suka menunda suatu hal. Walaupun begitu, ISFJ bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Jurusan kuliah yang cocok adalah kedokteran, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), ilmu perpustakaan, kesejahteraan sosial, psikologi. 

11. ESTJ

estj

ESTJ punya kemampuan berpikir cepat dan praktis. Mereka bagus banget kaau jadi pemimpin karena sifatnya energik, ramah, tapi efisien dalam bekerja. Sosok ESTJ sering kali diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat. ESTJ juga sosok yang jujur dan memegang nilai kebenaran lho. Cocok banget nih kalau masuk jurusan hukum, kriminologi.

12. ESFJ

esfj

Selain ISTJ, ESFJ juga paling sering ditemukan lho. Mereka ini seneng banget mendukung orang lain karena sosoknya yang bersahabat. Mereka juga tipikal yang bakal menghindari konflik sejauh mungkin karena mereka sangat menghargai ketertiban sosial. Jurusan kuliah yang cocok adalah pariwisata, psikologi, ekonomi, keperawatan, dan keguruan.

13. ISFP

isfp

Kepribadian ISFP senang dengan kehidupannya yang penuh warna, dia juga merupakan sosok seniman yang mengedepankan estetika. Ini karena Ide yang dipikirkan ISFP suka melampaui batas dan totalitas. ISFP itu termasuk orang yang spontanitas dan gak mudah ditebak. Walaupun begitu, ISFP bisa mengevaluasi dan mengintropeksi dirinya sendiri saat sedang berada di fase jenuh.  Jiwanya yang artistik memungkinkan banget nih buat masuk jurusan seni, DKV, desain interior.

14. ISTP

istp

Mereka dengan tipe ini punya kepribadian mekanik jadi senang banget nih mengeksplor dari satu proyek ke proyek lain. Mereka juga tipe yang toleran, fleksibel, dan bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik karena pemikirannya yang sangat rasional. Jurusan yang cocok yaitu teknik sipil, penerbangan, kriminologi, dan ekonomi. 

15. ESTP

estp

ESTP ini adalah orang yang sangat ceria dan terbiasa menghadapi krisis. Karena lebih berorientasi pada tindakan, ESTP mampu mengambil peran yang krusial, bersikap cekatan, antusias, dan berkharisma. Walaupun begitu, STP bisa menjadi sosok yang sembrono dan juga jadi pribadi yang menyenangkan dan hangat dalam hubungan asmara lho. Jurusan yang bisa kamu coba adalah kriminologi, ekonomi, olahraga, marketing, teknik.

16. ESFP

esfp

Tipe kepribadian seorang bintang! Ini karena tipe ESFP suka banget kalu udah disorot lampu ke arah panggung. Makany sering dikenal sebagai penghibur atau performer. Ciri-ciri dari ESFP adalah seseorang yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. ESFP bisa melakukan sesuatu secara spontan dalam melakukan hal yang ia senangi. Jurusan yang cocok dengan tipe kepribadian ini adalah seni peran, lingkungan, desain, seni tari, pariwisata, antropologi, ilmu komunikasi.

Baca juga : Mengenal 16 Tipe Kepribadian MBTI Lebih Dalam (part 2)

Itulah rekomendasi jurusan kuliah berdasarkan kepribadian MBTI. Kalau kamu belum tahu MBTI mu apa bisa coba tes di link https://www.16personalities.com/id. Ingat ya, bukan berarti kamu harus ikutin sesuai MBTI kamu. Lebih baik fokus pada apa yang kamu ingikan, karena kepribadianmu sendiri bisa berubah seiring waktu.

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Berdasarkan Kepribadian MBTI, Sesuai Gak Nih? appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan