Inilah 8 Hal Penting Di Dunia Kerja Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah!

  • Bagikan
inilah-8-hal-penting-di-dunia-kerja-yang-tidak-diajarkan-di-sekolah!

Halo sahabat Campuspedia! Tahukah kamu kalau ternyata sekolah di Indonesia belum mengajarkan hal-hal dasar yang nantinya penting saat kuliah maupun bekerja. Kebanyakan sekolah di Indonesia hanya mengajarkan teori dasar dan materi-materi pelajaran akademik. Hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah tersebut padahal sangat penting loh!

Baca juga: Ini Dia Cara Membuat CV Kreatif yang Bikin HRD Tertarik

Meskipun kebanyakan sekolah tidak mengajarkan hal-hal penting tersebut, kamu tetap bisa mempelajarinya secara mandiri. Hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah ini sebenarnya sangat penting ketika kamu telah duduk di bangku kuliah maupun sudah bekerja. Yuk, simak informasinya!

          1. Etika ber-Email/Media Sosial

etika email media sosial

Mengikuti perkembangan zaman, kini semua informasi dapat disampaikan melalui internet, termasuk email dan media sosial. Kalian juga sadar dan mengetahui tidak ada pembelajaran dan pengarahan dalam penggunaan media sosial ketika masih di sekolah.

Rata-rata sekolah masih belum memanfaatkan teknologi internet dalam penerapan pembelajarannya, padahal pembelajaran mengenai media sosial ini sangat penting loh. Misalnya ketika kamu ingin mengirim e-mail, pastikan kamu juga mengisi subject, salam, dan lampiran di badan e-mail. Hal ini merupakan hal-hal kecil yang sering disepelekan oleh orang-orang.

          2. Literasi Keuangan

literasi keuangan

Hal penting yang tidak diajarkan oleh sekolah selanjutnya adalah mengenai literasi keuangan. Literasi keuangan mencakup banyak sekali hal yang berfungsi pada kehidupan sehari-hari. Misalnya menabung, menggunakan uang, berhemat, hingga berinvestasi.

Padahal apabila literasi keuangan ini diajarkan di sekolah, diharapkan mampu membentuk generasi muda Indonesia yang lebih melek terhadap ekonomi dan finansial. Apalagi sekarang sedang marak-maraknya berinvestasi dan buka usaha, penting sekali untuk mempelajari literasi keuangan ini.

Tapi tenang, saat ini ada banyak sekali platform yang menyediakan media pembelajaran umum seperti literasi keuangan. Kamu bisa mempelajarinya sendiri dengan nyaman!

          3. Penyelesaian Konflik

hal tidak diajarkan sekolah

Yang ketiga adalah mengenai penyelesaian konflik. Padahal di dunia kerja, permasalahan mulai hal kecil sampai besar akan sering ditemui. Permasalahan tersebut juga jelas berbeda dengan permasalahan yang kita hadapi saat masih di bangku sekolah maupun kuliah.

Padahal penting sekali mempelajari hal ini agar setiap individu dapat lebih siap ketika menghadapi situasi-situasi tertentu, dan apabila mereka dihadapkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Anak sekolah yang telah mempelajari hal ini akan lebih siap menghadapi medan yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya.

          4. People Skills

skill

Yang keempat adalah mengenai keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Kalian pasti tahu betul bahwa siswa-siswi di Indonesia diwajibkan untuk mempelajari seluruh bidang pelajaran yang ada. Padahal belum tentu bidang tersebut adalah bakat dan minat dari siswa atau siswi tersebut.

Penting sekali untuk memberikan arahan dan bimbingan pada siswa, siswi, maupun mahasiswa mengenai kecenderungan ilmu konsentrasi yang mereka inginkan. Sehingga mereka bisa lebih fokus dalam mengembangkan bakat dan minat yang sudah ada.

Baca juga: #1 SKILL OF 2025! Tips Memiliki Kemampuan Berpikir Analitis untuk Menghadapi Persaingan Kerja

          5. Sales atau Negosiasi

hal tidak diajarkan sekolah

Hal penting yang tidak diajarkan di sekolah selanjutnya adalah mengenai negosiasi. Negosiasi dalam hal apapun sangat lah penting, bisa berguna saat kamu akan membuka usaha, menawarkan sebuah proposal, dan lainnya. Ketika kamu memiliki kemampuan bernegosiasi yang apik, maka kamu dan lawan bicara akan lebih mudah dalam mencapai keputusan bersama.

Tetapi tenang, kamu bisa belajar bernegosiasi dengan orang-orang terdekatmu. Mulai dari teman, keluarga, bahkan guru. Jangan pernah merasa puas dalam belajar, ya!

          6. Belajar Dari Kesalahan

hal tidak diajarkan sekolah

Belajar dari kesalahan merupakan salah satu hal yang paling penting di dunia kerja. Jangan sampai ketika kamu melakukan kesalahan, kamu tidak mau memperbaiki dan malah berhenti di tengah jalan. Cobalah untuk mengkoreksi diri agar nantinya kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Terdengar sepele padahal hal ini penting banget loh saat kamu bekerja. Profesionalitas dan keseriusan kamu dalam bekerja dapat dilihat dari hal ini.

          7. Public Speaking

hal tidak diajarkan sekolah

Hal-hal penting yang tidak diajarkan di sekolah selanjutnya adalah mengenai public speaking. Mungkin beberapa tenaga pendidik memberikan arahan yang tepat dan baik mengenai bagaimana siswa maupun mahasiswa melakukan presentasi di depan umum. Tetapi tak jarang, beberapa tenaga pendidik juga kurang peduli dengan hal tersebut.

Skill public speaking ini dibutuhkan dimana-mana, semua lowongan pekerjaan pasti membutuhkan karyawan yang memiliki skill komunikasi mumpuni. Oleh sebab itu, mulai latih public speakingmu, bisa dimulai dari orang-orang terdekat. Kemudian cobalah untuk menyuarakan suaramu di lingkup yang lebih luas.

           8. Teknik Interview

interview

Yang terakhir adalah mengenai teknik interview. Interview apa saja? Banyak, bisa dari interview organisasi, magang, hingga melamar pekerjaan. Banyak sekali orang yang ingin masuk organisasi atau mendapat pekerjaan tetapi tidak siap ketika di-interview. Oleh sebab itu, hal tersebut sangat disayangkan karena mereka tidak memiliki skill interview yang baik.

Penting bagi kamu untuk mempelajari teknik-teknik interview yang biasanya dilakukan. Hal ini dapat kamu cari di berbagai platform media sosial. Banyak sekali orang-orang yang mumpuni membagikan pengalaman dan ilmu mereka mengenai bagaimana cara melakukan interview yang baik dan benar.

Nah, kira-kira itu informasi yang dapat diberikan mengenai hal-hal penting yang tidak diajarkan di sekolah. Meskipun tidak diajarkan sekolah, kamu tetap dapat mempelajarinya sendiri di rumah dan lingkungan kamu ya!

Baca juga: Rekomendasi Website Untuk Membuat CV Kreatif Yang Bikin Recruiter Jatuh Hati

Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post Inilah 8 Hal Penting Di Dunia Kerja Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah! appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan