Ingin Kuliah di IPB University? Catat 6 Jalur Masuk IPB University Berikut!

ingin-kuliah-di-ipb-university?-catat-6-jalur-masuk-ipb-university-berikut!

Hallo Campuspedia Friends! Siapa sih yang gak tau IPB University? Kampus yang dulunya dikenal dengan sebutan IPB atau Institut Pertanian Bogor ini termasuk kedalam salah satu PTN terbaik di Indonesia. Tahun ini pun, terdapat total 6 jalur masuk IPB University yang bisa kamu pilih.

Bagi kalian yang berencana untuk memilih IPB University sebagai kampus masa depanmu, yuk kenali 6 jalur masuk IPB University berikut!

Baca Juga: Keren! Pengenalan Kampus Maba IPB Pecahkan Rekor Dunia “Stop Motion Animation”

ipb universitySNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN menjadi jalur yang pertama kali dibuka pada setiap PTN di Indonesia. Jalur masuk IPB University yang satu ini bisa kamu coba apabila kamu lolos dalam pemeringkatan di sekolahmu.

Hal tersebut dikarenakan SNMPTN sebagai jalur berbasis nilai rapor yang dilihat dari semester 1 sampai 5 selama SMA. Untuk tahun 2021, pendaftaran SNMPTN dilakukan dari tanggal 15-24 Februari 2021 dan pengumumannya akan dilaksanakan pada 22 Maret 2021.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN menjadi jalur masuk PTN yang melihat skor UTBK. Bila berminat untuk mengikuti jalur ini, maka kamu harus mempersiapkan diri kamu untuk memperoleh nilai yang sebaik-baiknya pada waktu UTBK.

Pelaksanaan SBMPTN adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
  2. Pendaftarannya: 15 Maret – 1 April 2021.
  3. Pelaksanaan UTBK
  • Gelombang 1: 12-18 April 2021
  • Gelombang 2: 26 April – 2 Mei 2021
  1. Pengumuman: 14 Juni 2021

Baca Juga: Info Terbaru! UTBK SBMPTN 2020 Akan Dilaksanakan 2 Tahap

Jalur Ketua OSIS

Jalur masuk IPB University yang satu ini bisa kamu pilih apabila kamu pernah menjabat sebagai ketua OSIS minimal 1 periode di sekolahmu. Kamu juga harus berasal dari jurusan IPA dan lulusan tahun 2021. Selain itu, nilai rataan matematika, fisika, kimia, dan biologi selama 5 semester kamu harus mencapai minimal 80.

BACA JUGA  Forkopimda Jatim Silaturahmi dan Takziayah ke Pondok Pesantren Annidhomiya Pamekasan

Pendaftaran untuk jalur ini dimulai dari tanggal 1 Februari – 14 April 2021 dan proses seleksinya akan dilaksanakan pada awal Mei 2021. Untuk pengumumannya sendiri akan dilaksanakan pada 28 Mei 2021.

Jalur Kelas Internasional

Melalui jalur ini, kamu berpeluang untuk merasakan pengalaman internasional, seperti: program pertukaran pelajar, summer course, dan event internasional lainnya. Proses pembelajarannya pun akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

Terdapat 5 program studi yang dapat kamu pilih melalui jalur ini. Lima jalur tersebut adalah: Kedokteran Hewan, Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Teknik Industri Pertanian (TIP), Sekolah Bisnis, dan Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK).

Pendaftaran jalur masuk IPB University yang satu ini dibuka dari tanggal 1 Februari – 14 April 2021 dan seleksinya akan dilaksanakan pada awal Mei 2021. Untuk pengumumannya sendiri akan dilaksanakan pada 29 Mei 2021.

Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

Ini merupakan jalur masuk IPB University yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan atau lembaga swasta. Dengan menerima beasiswa ini, diharapkan kamu dapat kembali ke daerah untuk membangun daerah setelah lulus nanti.

Pendaftaran untuk jalur ini dibuka dari tanggal 1 Februari – 28 Mei 2021 dengan seleksinya yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2021. Untuk pengumumannya sendiri akan dilaksanakan pada 20 Juni 2021.

Baca Juga: Beasiswa S1 Universitas Pertamina

Jalur UTMBK

Jalur masuk yang satu ini merupakan jalur masuk IPB University mandiri. Pada tahun 2019, terdapat 2 jalur mandiri IPB University, yakni: UTMBK dan menggunakan skor UTBK. Namun, karena pandemi, jadi jadwal UTBK dan SBMPTN diundur. Alhasil, Seleksi Mandiri IPB University dilakukan melalui UTMBK saja dengan biaya pendaftaran sebesar Rp500.000,00.

BACA JUGA  4 Beasiswa Luar Negeri 2021 Dengan Tunjangan Besar, Ada yang 420 Juta!

Pendaftaran jalur UTMBK dibuka dari tanggal 1 Juni – 2 Juli 2021 dan proses seleksinya akan diadakan pada pertengahan Juli 2021. Untuk pengumumannya sendiri akan dilaksanakan pada 20 Juli 2021.

Itulah 6 jalur masuk IPB University yang bisa kamu pilih, Campuspedia Friends. Jadi, mau ambil jalur masuk yang mana, nih?

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

The post Ingin Kuliah di IPB University? Catat 6 Jalur Masuk IPB University Berikut! appeared first on Campuspedia News.


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan