Gak Dapet Duit Jajan Selama Pandemi? Simak Tips Jualan di Instagram Laris Manis!

  • Bagikan
gak-dapet-duit-jajan-selama-pandemi?-simak-tips-jualan-di-instagram-laris-manis!

Halo Sobat Campuspedia! Siapa nih yang selama pandemi siklus perputaran uangnya macet? Hehehe. Tenang aja, kamu tetap bisa menghasilkan uang kok selama pandemi. Simak tips jualan online di instagram, ya! 

Pada 2021, instagram mengumumkan bahwa komunitas bisnisnya telah berkembang menjadi belasan juta pengiklan, mulai dari brand besar hingga toko emperan lokal. Segala macam bisnis di seluruh dunia mendapatkan hasil nyata melalui instagram.  

jualan online laris

Menurut laporan terbaru, 75 persen pengguna instagram akan melakukan tindakan seperti mengunjungi website atau melakukan pembelian setelah melihat iklan atau jualan yang dipasang di instagram. Oleh karena itu, berjualan online di instagram terbukti efektif nih. Namun, kamu juga perlu untuk mengoptimalkan instagram-mu supaya peluang sales semakin besar. Berikut beberapa tips jualan di instagram supaya produk jualan laris manis!

1. Gunakan Akun Bisnis Khusus untuk Jualan

Tips jualan di instagram yang pertama yaitu membuat akun bisnis atau akun khusus jualan. Pastikan kamu memisahkan akun jualan tersebut dari akun pribadi. Pemisahan tersebut berguna untuk memberikan kesan profesional pada bisnis atau jualan yang kamu jalankan,

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk memantau dan memonitor perkembangan bisnismu secara objektif karena tidak tercampur dengan kepentingan pribadi. Dalam membuat nama akun, disarankan untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik.

2. Mencari Followers Sesuai Target Pasar

Dalam menjalankan bisnis atau menentukan produk jualan, kamu perlu menentukan terlebih dahulu siapa target pasar dari produk jualan kamu. Dengan mengetahui target pasar, kamu pun jadi tahu siapa saja sih orang-orang yang tepat menjadi calon konsumen atau customer kamu. Kamu juga akan lebih mudah dalam menentukan metode promosi untuk menarik perhatian calon konsumen di instagram.

Untuk mendapatkan followers yang sesuai dengan produk jualan, kamu bisa mencarinya di akun komunitas, mahasiswa, organisasi, atau komunitas lainnya yang sekiranya followers mereka memang relevan dengan produk kamu. Kamu juga bisa memasang iklan di instagram dan menentukan target viewers sesuai target pasar jualanmu. 

3. Membuat Konten Menarik (+Design dan Caption yang Ciamik)

Tips jualan online di Instagram selanjutnya adalah dengan memposting konten yang terlihat menarik, terkonsep, dan memiliki ciri khas sehingga viewers akan tertarik dengan kontenmu dan juga produk yang dijual. 

Tidak hanya soal foto dan video yang diposting, design dan isi dari caption juga sangatlah penting untuk anda perhatikan. Kamu juga bisa menggunakan teknik copywriting dalam membuat konten supaya viewers tergerak untuk membeli produk jualanmu. 

Untuk menunjang konten yang menarik dan optimal, kamu bisa memanfaatkan sejumlah tools seperti Shop Social, Iconosquare, Like2Buy, TapShop, Combin, Boomerang, Repost dan Instagram Live. Usahakan konten disajikan semenarik mungkin sehingga mencuri perhatian warganet.

4. Posting Secara Rutin

Saat ingin membangun suatu bisnis online menggunakan platform instagram, kamu harus membiasakan diri untuk secara rutin memposting sesuatu yang baru setiap harinya. Bahkan bila memungkinkan diposting beberapa kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan pengguna instagram sangatlah banyak dan setiap pengguna pasti mengikuti banyak akun. Oleh karena itu, kemungkinan postingan kamu untuk tenggelam di antara lautan postingan lainnya sangatlah besar. 

Baca Juga: Tips Jadi Fresh Graduate Idaman

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Sifat Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki Orang Indonesia!

5. Pasang Iklan

Tips jualan di instagram selanjutnya adalah pasang iklan. Saat akan mengiklankan atau mempromosikan suatu postingan, pastikan kamu sudah benar-benar mengetahui siapa saja target konsumen dari produk jualanmu.

Instagram sendiri pun sepertinya memang mengarahkan semua yang menjalankan bisnis di platform mereka untuk memasang iklan guna menjangkau audiens yang lebih luas.

6. Upload Testimoni

tips jualan di instagram

Poin ini adalah poin penting yang tidak boleh dilupakan oleh siapapun yang menjalankan bisnis online. Mengupload testimoni dari pelanggan tentu akan menambah nilai kepercayaan di mata calon konsumen karena hampir setiap orang akan melihat testimoni terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli sesuatu.

Biasanya testimoni tersebut bisa didapat dari komunikasi lewat whatsapp, DM, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan screenshot testimoni tersebut dan menguploadnya di instagram. Selain mengupload testimoni, bisa juga dengan memajang resi pengiriman atau ketika barang sudah dipacking dan mau untuk dikirimkan.

7. Mempelajari Customer Behavior

Customer atau pelanggan merupakan faktor yang sangat penting untuk kelangsungan perkembangan sebuah bisnis. Memahami perilaku customer (customer behavior) tentunya merupakan hal krusial bagi perusahaan sebelum menjual atau menawarkan suatu produk. Menguasai teori dan konsep customer behavior dapat membantu memasarkan produk atau layanan kamu menjadi lebih sukses lho! 

Sebagai customer, orang-orang akan berbagi ulasan produk, informasi tentang suatu layanan, kritik dan saran, peringatan tentang produk, kiat menggunakan produk tertentu, dan banyak lagi. Oleh karena itu, informasi di media sosial menjadi sumber pengaruh bagi customer dan perilaku pembelian mereka. 

Yuk, Bikin Jualan Laris Manis dengan Belajar Customer Behavior!

Nah, kira-kira begitu friends tips jualan online di instagram. Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis online, perlu banget nih mempelajari customer behavior dalam lingkup sosial media supaya kamu lebih paham terkait strategi penjualan yang maksimal.

blank

Kamu bisa lho ikutan online career class edisi “Understanding Customer Behavior in Social Media for Better Prospect” pada 21 Februari 2021 pukul 19.15 WIB bersama Rully Prameisti Audhina, Social Media Specialist at MyDuma Indonesia. Di kelas ini, kamu akan diajak mempelajari customer behavior dalam lingkup media sosial. Orang-orang di seluruh dunia menggunakan media sosial untuk terhubung dengan orang atau organisasi lain. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!

What will you learn:

  • Introduction: Apa itu customer behavior
  • Why we need to understand the customer behavior
  • Kinds of  customer behavior in social media
  • Controlled or uncontrolled factor of customer behavior
  • The impact of customer behavior for products
  • How to understand and maximizing potential of customer behavior
  • Discussion time
  • Closing

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Donasi
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!

The post Gak Dapet Duit Jajan Selama Pandemi? Simak Tips Jualan di Instagram Laris Manis! appeared first on Campuspedia News.

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa