FIDN Kalsel Gelar Bukber, Jalin Silaturahmi Sesama Anggota

fidn-kalsel-gelar-bukber,-jalin-silaturahmi-sesama-anggota

Liputan.4.com, Banjarmasin-Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Kalimantan Selatan (Kalsel), gelar buka bersama guna memepererat tali silahturahmi antara seluruh warga dayak yang tergabung FIDN Kalsel, di salah satu rumah makan di Banjarmasin, Selasa (4/5).

Ketua DPD FIDN Kalsel, Bajino A Sahlan SH MH, mengatakan, kalau malam ini merupakan untuk yang pertama kalinya buka puasa bersama, sejak dibentuknya FIDN Kalsel, tiga tahun silam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa kebersamaan dan tali silahturahmi antara kita semua, khususnya kita orang Dayak yang tinggal di Kalsel,” ujar Bujino, saat dijumpai Liputan4.com, usai berbuka puasa bersama.

Selanjutnya, ia juga mengatakan, kegiatan seperti ini tidak akan berhenti disini saja atau hanya sebatas buka puasa bersama saja, tapi akan terus berlanjut kedepannya.

“Seperti misalkan hari raya Natal Umat Nasrani, kita juga akan melakukan kujungan ke kegiatan tersebut, jadi tidak hanya terpaku pada satu agama saja. Karena pada dasarnya, FIDN ini dibentuk sebagai wadah untuk mempererat tali silahturahmi orang Dayak, khususnya yg tinggal di Kalsel, terlepas dari agamanya apa atau asalnya dari mana, tapi kita tetap satu rumpun, yaitu orang Dayak,” beber Bujino.

“Seperti halnya kegiatan malam ini, memang kegiatannya itu buka puasa bersama, tapi kegiatan ini, terbuka untuk warga lainnya yang bukan beragama muslim. Jadi intinya, Kebersamaan itu lebih indah,” tambah Bujino.

Pada kesempatan yang sama, ketua DPD FIDN Kalsel juga mengungkapkan, untuk di tahun 2021 ini, FIDN juga memiliki program untuk mencerdaskan khususnya masyarakat orang Dayak yang tinggal diperantauan, dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya.

“Seperti sebelumnya, kita sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan, untuk melakukan pelatihan pembuatan sasirangan. Kedepannya setelah hari raya ini, kita juga akan melakukan pelatihan pembuatan amplang, untuk para masyarakat kita orang Dayak,” ungkap Bujino.

Sahlan juga menegaskan, walaupun kita mendirikan organisasi sendiri, tapi kita lakukan tidak dengan cara minta-minta atau mengemis, tapi kita lakukan dengan mandiri dan kemampuan kita sendiri.

“Kita walaupun kecil, tapi kita bisa menjadi lilin bagi saudara kita semua. Artinya kita bisa memberikan penerangan untuk jalan kita sendiri dan orang lain, khususnya orang Dayak,” kata Bujino yang juga dikenal sebagai advokat senior.

Ia juga berharap, kegiatan seperti ini, bisa terus berlanjut hingga kedepannya dan bisa lebih berkembang lagi, baik dari segi kegiatannya dan juga anggotanya.

“Sehingga tali silahturahmi dan tali persaudaraan kita sesama orang Dayak tetap terjalin,” pungkas Bujino.

Berita dengan Judul: FIDN Kalsel Gelar Bukber, Jalin Silaturahmi Sesama Anggota pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Tornado

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0