Calon Penerima Beasiswa Wajib Tahu! Langkah Menulis Motivation Letter Yang Menarik Pihak Penyeleksi

Reporter: Redaksi Kategori: News, Pendidikan
  • Bagikan
calon-penerima-beasiswa-wajib-tahu!-langkah-menulis-motivation-letter-yang-menarik-pihak-penyeleksi

Hallo Campuspedia Chingu! Motivation Letter merupakan dokumen yang sangat penting dalam aplikasi beasiswa. Motivation Letter menjadi dokumen pendukung yang akan membedakan kamu dengan pelamar lainnya. Karena akan ada ratusan bahkan ribuan orang yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa, maka kamu harus memastikan untuk menulis Motivation Letter semenarik mungkin.

Baca juga: Motivation Letter: Kunci untuk Diterima atau Didamparkan

Motivation Letter

Motivation Letter adalah sebuah essay yang menceritakan tentang dirimu, latar belakang, tujuan hidup, hingga harapan yang ingin dicapai. Ini merupakan dokumen penting yang akan menjadi salah satu syarat untuk pengajuan beasiswa. Disini kamu harus menulis Motivation Letter dengan sebaik mungkin, agar diri kalian terlihat lebih menonjol dibanding pelamar lainnya. Perhatikan juga batas maksimum kata dalam penulisan.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menulis Motivation Letter yang bagus dan menarik. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter

Pertama, Ceritakan Mengenai Dirimu

Kalian bisa memulai menulis Motivation Letter dengan menceritakan segala hal tentang dirimu. Ceritakan dengan bahasa yang mudah dipahami dan seringkas mungkin. Jangan terlalu banyak menulis tentang dirimu di awal karena masih banyak yang harus ditulis nantinya. Tulislah hal penting seperti latar belakang pendidikan, tujuan hidup, hobi, serta kelebihan dan kekurangan.

Kedua, Keahlian Yang Dimiliki

Selanjutnya kamu bisa menunjukan keahlian yang dimiliki, keahlian ini tidak harus secara akademis namun juga keahlian yang bisa bermanfaat untuk dirimu sendiri dan orang sekitar. Selain itu, cantumkan juga usaha yang telah kamu lakukan untuk mengasah keahlian yang dimiliki. Ini akan menunjukan bahwa kamu merupakan orang yang cukup serius.

Ketiga, Momen Penting Yang Pernah Dihadapi

Kamu juga bisa menceritakan mengenai momen-momen penting yang pernah terjadi di hidupmu. Kamu bisa bercerita momen tersulit apa yang pernah dihadapi dan juga bagaimana cara untuk menanganinya. Begitupun sebaliknya, ceritakan juga momen paling berkesan di hidupmu. Hal ini menunjukan bahwa sesulit apapun hal yang kalian temui, pasti bisa dihadapi dengan baik dan bijak.

Baca juga: Mau Mendaftar Beasiswa? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini!

Keempat, Usaha Yang Dilakukan

Selanjutnya kamu bisa menjabarkan usaha apa yang sudah kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa ini. Misal kalian ingin mendaftar beasiswa pada negara tertentu, kamu bisa mengatakan bahwa sudah mengikuti kursus bahasa untuk memudahkan pemahaman bahasa di sana nanti. Hal seperti ini akan menjadi pertimbangan, karena pihak penyeleksi akan percaya jika kalian serius dalam mendaftar beasiswa ini.

Kelima, Rencana Kedepan

Yang terakhir kalian bisa menambahkan rencana kedepan yang akan kalian lakukan. Buatlah dua rencana seperti jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini dilakukan agar pihak penyeleksi memiliki gambaran rencana kalian kedepannya, ini juga menunjukan bahwa kalian merupakan orang yang memikirkan segala sesuatunya dengan persiapan yang matang.

Baca juga: Skor TOEFL Rendah? Tenang, Ada 5 Cara Untuk Tetap Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Sekian informasi yang dapat minca berikan mengenai beberapa langkah dalam menulis Motivation Letter yang menarik. Semoga informasi ini dapat membantu chingu menulis Motivation Letter dengan lebih baik ya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Calon Penerima Beasiswa Wajib Tahu! Langkah Menulis Motivation Letter Yang Menarik Pihak Penyeleksi appeared first on Campuspedia News.

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
  • Bagikan