Bupati Bandung Resmikan Penanaman Perdana Jagung Di Desa Cikasungka – Cikancung

bupati-bandung-resmikan-penanaman-perdana-jagung-di-desa-cikasungka-–-cikancung

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna resmikan penanaman perdana program peningkatan produksi dan pendapatan para petani untuk tanaman jagung, di area lahan milik kelompok tani Mutiara Bumi, yang berada di Kampung Bojong Badak, Desa Cikasungka, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (03/05/2021).

Penanaman lahan pertanian jagung merupakan salah satu program unggulan dalam 99 hari kerja Bupati Bandung di bidang pertanian. Dimana target Bupati Bandung adalah terciptanya lahan pertanian jagung sebanyak 3000 hektar.

Bupati Bandung Resmikan Penanaman Perdana Jagung Di Desa Cikasungka - Cikancung
Foto : Bupati Bandung Lakukan Penanaman Perdana Jagung

Demi menunjang program tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung menggandeng pihak swasta dan juga perbankan untuk program peningkatan produksi tanaman jagung kepada para petani. Salah satunya dengan menggandeng CV. Mutiara Bumi sebagai mitra petani dalam peningkatan produksi jagung jenis hibryda.

Dalam sambutannya, Bupati Bandung Dadang Supriatna, menyampaikan, kegiatan penanaman perdana tanaman jagung ini merupakan program unggulan di bidang pertanian, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

” Dimana kegiatan penanaman saat ini adalah bagian dari program penanaman 3000 hektar lahan tanaman jagung yang dicanangkan untuk tahun 2021 ini, ” ungkap Dadang Supriatna.

Penanaman tanaman jagung sebagai perwujudan kearifan nilai-nilai lokal, selain sebagai bahan pangan, jagung juga merupakan bahan pakan, dan juga bahan baku industri, ” lanjutnya.

Dadang Supriatna menambahkan, untuk menunjang hal tersebut, Pemerintah menggandeng pihak perusahan (swasta) untuk membantu pemasaran dengan pola kemitraan dengan para petani, juga dengan pihak perbankan dalam hal permodalan. Selain tanaman jagung, kedepannya kita juga akan tanam kedelai, padi, dan juga porang. Dimana minimal setiap sebulan sekali akan kita pantau perkembangannya, ” tambah Dadang Supriatna.

Di tempat yang sama, Kades Cikasungka Yusuf Sudiono, menjelaskan, Pemerintah Desa Cikasungka siap mendukung program Bupati Bandung, dalam peningkatan penanaman tanaman jagung di wilayahnya.

” Pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, apalagi para petani di bantu oleh perusahaan swasta dan juga perbankan, dalam pemasaran dan permodalan nya, ” tandas Yusuf.

Penulis : kuswandi

 

Berita dengan Judul: Bupati Bandung Resmikan Penanaman Perdana Jagung Di Desa Cikasungka – Cikancung pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com oleh Reporter : Kuswandi Alias akuy

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0