News  

Benarkah Meme dan Tren TikTok Penyebab ‘Minions: The Rise of Gru’ Rajai Box Office?

benarkah-meme-dan-tren-tiktok-penyebab-‘minions:-the-rise-of-gru’-rajai-box-office?

Minions: Rise of Gru sukses merajai box office Amerika Serikat sepanjang akhir pekan lalu. Film kelima dari franchise Despicable Me ini meraup hasil penjualan tiket sebesar $125 juta (setara Rp1,9 triliun) di pekan pertama penayangannya.

Terlepas kita suka atau tidak, makhluk mini bertubuh kuning merupakan salah satu tokoh kartun paling ikonik sepanjang masa. Para penggemarnya pun datang dari berbagai kalangan usia.


Anak kecil menyukai Minion karena menggemaskan, para remaja sok-sokan benci karakter ini padahal suka, sedangkan generasi tua sering menyebarkan meme Minion di Facebook. Belakangan ini, pengguna TikTok juga tampak terobsesi dengannya. Contohnya seperti gerombolan lelaki berjas yang menghebohkan bioskop di berbagai negara demi nonton Minions: Rise of Gru.

Semua video TikTok yang mempertontonkan anak muda mengenakan pakaian formal dan bertingkah aneh di dalam bioskop, pasti diiringi “Rich Minions”, soundtrack Minions: Rise of Gru yang diciptakan oleh musisi TikTok Yeat.

Entah mengapa trennya bisa populer, dan apa alasan mereka bertingkah laku seperti itu. Tapi satu yang pasti, konten semacam ini mendadak beken di platform medsos lainnya.

Pemandangan anak muda berpakaian hitam putih berbondong-bondong menonton Minions: Rise of Gru mengingatkan kita pada flash mob yang sempat melanda dunia. Tren ini biasanya melibatkan sekelompok orang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditentukan untuk melakukan sesuatu.

Namun, tindakan para #gentleminions dianggap meresahkan, sehingga banyak bioskop mulai melarang anak remaja datang beramai-ramai sambil berpakaian formal. Menariknya, beberapa pengguna TikTok tidak terima dengan larangan ini, karena menurut mereka, filmnya bisa laris manis dalam waktu singkat berkat #gentleminions.

Tak ada yang bisa memastikan kebenaran klaim ini, mengingat film garapan Illumination sudah sangat digemari sejak dulu kala. Despicable Me, misalnya, menghasilkan pendapatan total di atas $500 juta (Rp7,5 triliun), dan meraup $50 juta (Rp750 miliar) di awal penayangan. Selanjutnya, film Minions meraup $115 juta (Rp1,7 triliun) di akhir pekan pertamanya pada 2015.

Dengan kata lain, film franchise selalu menembus angka penjualan fantastis di bioskop. Jadi kayaknya terlalu berlebihan apabila ada yang mengatakan kesuksesan Minions: Rise of Gru berkat pengguna TikTok. Tapi yah… mana kita tahu?