7 Tips Membangun Personal Branding Untuk Karir Cemerlang!

7-tips-membangun-personal-branding-untuk-karir-cemerlang!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Personal Branding”? Sudah cukup familiar atau belum dengan kata yang satu ini? Kalau kamu masih belum tahu atau bahkan sudah tahu, yuk simak informasi di sini mengenai bagaimana sih cara membangun personal branding yang unik dan kuat bagi orang lain.

Baca juga: Mahasiswa Baru? Kenali Cara Membuat CV Untuk Pemula!

Personal branding sendiri merupakan cara seseorang memasarkan diri atau mempromosikan diri sendiri ke pada orang lain, sehingga orang lain bisa melihat value tertentu yang ada pada diri kita. Oleh sebab itu, Personal Branding sangatlah penting untuk siapa saja yang ingin memulai karir. Di sini, Campuspedia akan rangkum beberapa tips supaya kamu dapat membangun Personal Branding yang kuat.

1. Buat Portofolio Yang Sesuai dan Menarik

membangun personal branding

Tips membangun Personal Branding yang pertama adalah membuat portofolio yang sesuai dan menarik. Maksud dari portofolio yang sesuai adalah sesuai dengan apa yang ingin kamu tampilkan dan jual. Misalnya kamu ingin berfokus pada bidang UI/UX, maka kamu bisa perbanyak portofolio kamu ketika kamu mendesain UI atau melakukan riset UX dan lain-lain.

Portofolio ini yang akan menjadi titik utama ketika kamu ingin memulai karir. Setelah itu kamu bisa membuat portofolio yang seunik dan semenarik mungkin. Buatlah portofolio yang ketika orang melihat itu mereka langsung tertarik dan tidak ingin beralih. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dikenali dan dihapalkan oleh orang lain mengenai karya-karya unik yang kamu buat.

Portofolio yang sudah kamu buat ini juga bisa kamu jadikan satu atau dikelompokkan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Sehingga orang lain bisa dengan mudah melihat dan menilai portofolio yang kamu buat.

BACA JUGA  Tanggap Bencana, UNNES Adakan FGD Untuk Meminimalisir Resiko Bencana

2. Buat Profil Yang Menarik dan Unik

membangun personal branding

Tips membangun Personal Branding yang kedua adalah dengan membuat profil yang menarik dan unik. Ketika kamu sudah membuat portofolio terbaikmu dan telah membagikannya agar bisa dilihat oleh orang lain, kini saatnya kamu membuat profilmu menjadi lebih unik. Maksud unik di sini bukanlah kamu harus membuat nama pena khusus atau nama baru untuk Personal Branding kamu.

Unik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan nama tetap yang tdak berubah-ubah, sehingga orang lain bisa terus menghapal profil milikmu. Nama yang kamu gunakan itu bisa sama di semua platform media yang kamu gunakan, sehingga ketika orang lain melihat namamu di platform lainnya, maka mereka akan segera mengenali kamu.

3. Buat Blog atau Website Pribadi

membangun personal branding

Tips yang ketiga adalah membuat blog atau website pribadi untuk merangkum portofolio dan profil yang kamu miliki. Di dalam blog atau website yang kamu buat ini kamu bisa menaruh portofolio dan profil yang kamu miliki. Serta membagikan tips-tips atau informasi menarik yang berhubungan dengan bidang yang menjadi fokus kamu. Selain informasi dan tips, kamu juga bisa kok mengajak orang lain untuk berdiskusi.  Diksusi mengenai topik-topik tertentu di dalam blog atau website kamu.

Blog atau website yang kamu miliki ini bisa kamu cantumkan juga di platform-platform media yang kamu miliki sehingga orang lain bisa lebih familiar dan hapal dengan Personal Branding milikmu.

4. Pilih Media Yang Cocok

blank

Tips membangun Personal Branding selanjutnya adalah dengan memilih media yang cocok atau sesuai dengan bidang yang kamu jalani. Ambil contoh saja, semisal kamu kini berfokus pada Personal Branding di bidang desain. Maka kamu bisa gunakan platform-platform yang mendukung visualisasi dalam bentuk media, seperti youtube, instagram, twitter, dan lain-lain.

BACA JUGA  Jelang HUT Ke-48, PDAM Bandarmasih Gelar Program Balik Nama Gratis

Ketika platform media yang kamu gunakan mudah diakses oleh orang lain, maka semakin besar pula peluang mereka untuk mencari tahu lebih tentang dirimu dan juga karya-karya yang sudah kamu miliki. Kembali lagi seperti point-point sebelumnya, hal tersebut akan membuat kamu lebih mudah dihapalkan oleh orang lain dan lebih familiar di telinga mereka.

Baca juga: Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini Caranya Agar Bisa Terjun Ke Dunia Kerja

5. Selalu Update Profil dan Konten Platform

blank

Tips yang kelima adalah dengan selalu rajin untuk memperbarui profil dan konten atau portofolio yang kamu miliki. Ketika kamu rutin menambahkan konten dan portofolio yang kamu miliki, khususnya dengan ide dan tema yang berbeda-beda, hal tersebut akan menjadi point plus tersendiri bagi dirimu. Hal tersebut dapat membuat kamu dinilai selalu berprogress dan selalu memiliki keinginan untuk mempelajari atau mengeksplor hal-hal baru.

Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui profil kamu, misalnya foto profil yang kamu miliki. Gunakan oto profil yang layak, rapi, dan enak dilihat agar orang lain tertarik mengeklik profil yang kamu miliki.

6. Perluas Networking

personal branding

Tips membangun personal branding yang keenam adalah memperluas networking yang kamu miliki. Ketika kamu berusaha untuk memperluas lingkup pertemanan, relasi, dan juga networking dengan orang lain, maka di saat itu pula secara tidak langsung kamu sudah memperluas Personal Branding kamu.

Sedikit tips dari Campuspedia, ketika kamu tergabung dalam sebuah kelompok tugas, organisasi, kepanitiaan, dan lain-lain, maka berusahalah untuk memberikan yang terbaik. Karena ketika kamu memberikan yang terbaik, maka orang lain tidak akan ragu untuk merekomendasikan kamu ke orang lain. Berbeda apabila kamu tidak memberikan kemampuan terbaik kamu, bisa saja orang lain jadi ragu ketika ingin merekomendasikan kamu ke orang lain.

BACA JUGA  Calon Anak UI 2021? Cek Dulu Keketatan Persaingan Zona Perangmu Untuk SNMPTN dan SBMPTN!

7. Belajar Dari Personal Branding Orang Lain

blank

Tips yang terakhir, belajarlah dari Personal Branding orang lain. Cobalah untuk rutin mengunjungi blog, website, atau Linkedin milik orang lain yang menurutmu menarik. Pelajari bagaimana cara orang tersebut memasarkan dirinya sendiri ke khalayak umum. Temukan point apa yang membuat orang tersebut menarik dan membuat kamu betah membuka profilnya.

Melalui pembelajaran sedikit-sedikit tetapi rutin, kamu bisa mengaplikasikannya juga untuk Personal Branding yang kamu miliki sehingga kamu bisa terus memperbaru Personal Branding yang kamu miliki menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Ampuh Personal Branding via Media Sosial

Itu dia 7 tips membangun Personal Branding yang oke supaya kamu bisa lebih mudah dikenali dan diingat oleh orang lain. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

The post 7 Tips Membangun Personal Branding Untuk Karir Cemerlang! appeared first on Campuspedia News.


Print Friendly and PDF
share 0 Komentar

Tinggalkan Balasan